Rifat Sungkar-Ben Searcy Jadi Juara Grand Final Danau Toba APRC 2023

Rifat: Special Thanks untuk Ijeck

Simalungun, IDN Times - Pereli Indonesia, Rifat Sungkar dan navitagornya Benjamin Searcy asal Australia keluar sebagai juara Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

Mereka menjadi yang tercepat setelah melakoni balapan sebanyak 12 Spesial Stage selama tiga hari. Dengan menunggangi Skoda Fabia Rally2 evo Rifat dan Ben membukukan catatan waktu 1:53:05.8.

Di peringkat kedua adalah Haji Rahmat dan Hade Mboi dengan selisih waktu 15 menit 16.1 detik. Sedangkan posisi ketiga dihuni oleh H Atuy Faturrahman dan Emay Achmad.

Rifat mengatakan ini bukan reli yang gampang, tapi reli yang amat berat. Menurutnya kebangkitan reli Indonesia jelas adanya di Danau Toba.

"Saya bangga karena Indonesia bisa tunjukkan ke dunia kalau kita punya event reli yang maju. Kedepannya semoga event-event reli lebih detil lagi," harap Rifat.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk semua atas terselenggaranya acara ini. Acara ini sangat luar biasa, saya sangat menikmatinya," ujar Rifat usai mengangkat trofi juara, Minggu (26/11/2023) sore.

Ia juga berterima kasih kepada para kompetitor dari berbagai negara dan teman-teman pereli Tanah Air. Menurutnya balapan APRC akhir pekan ini sangat luar biasa.

"Special Thanks untuk Ijeck yang membuat semua ini terjadi. Semoga apa yang diharapkan untuk pelaksanaan WRC 2025 bisa terwujud," ungkapnya.

Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 digelar selama tiga hari, 24-26 November 2023. Balapan kali ini diikuti sebanyak 67 pereli  yang melakoni 12 Special Stages (SS).

Pada balapan hari ketiga ini, Musa Rajekshah mengalami crush.

"Kejadiannya 1 km sebelum finish. Saat berada di tikungan ke kanan tidak menyangka ada batu besar, ban sebelah kanan menghantam batu besar, mobil ngangkat. Karena speed mobil tinggi jadinya terbalik 3 atau 4 kali mutar dan kita tidak bisa lanjut (balapan) lagi," ujarnya usai tiba di Paddock.

Untungnya, pria yang akrab disapa Ijeck dan navigatornya Hervian Soejono tidak mengalami cedera apapun.

Akibat insiden ini, Ijeck harus mengubur impiannya menjadi juara nasional pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2023 Putaran 4 yang dirangkai dengan Grand Final Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023.

Baca Juga: Terguling Tiga Kali, Ijeck Gagal Juara Kejurnas Rally 2023

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya