Menpora Dito Optimistis Danau Toba Bisa Jadi Tuan Rumah WRC 2025

Dito berjanji pemerintah akan membantu mewujudkannya

Simalungun, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo optimistis Danau Toba, Sumatera Utara bisa kembali menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) pada tahun 2025. Seperti pada tahun 1996 dan 1997 ketika itu Medan dan Danau Toba menjadi tuan rumah WRC.

Hal ini diungkapkan Dito saat melihat pelaksanaan Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2023).

"Hari ini saya langsung melihat rangkaian Grand Final Danau Toba APRC. Yang paling menyenangkan, ada 19 tim dari Asia Pasifik yang bersaing, 3 besarnya adalah dari Indonesia. Artinya di kandang sendiri kita bisa berprestasi untuk level Asia Pasific," ujarnya.

Ia juga mengaku terkejut kualitas padock dan mobil balapan yang digunakan para pereli Indonesia. Menurutnya Hal ini menunjukkan pereli Indonesia siap bersaing di level dunia.

Mengenai persiapan tuan rumah WRC 2025, Dito mengaku sudah membicarakan dengan IMI Sumut.

"Saya rasa ini momentum yang bagus dan kesempatan yang harus kita ambil
karena WRC bisa mengangkat pariwisata Danau Toba dan bukan hal yang mustahil untuk jadi tuan rumah WRC 2025. Pastinya pemerintah mendukung dalam pendampingan persiapan biding-ya, biasanya harus ada garansi pemerintah. Kita juga akan mendukung mencarikan APBN dan sponsor-sponsor lokal," ungkapnya.

Kejuaraan FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC) adalah kejuaraan reli regional yang sudah dimulai sejak tahun 1988. Reli Indonesia menjadi bagian dari APRC sejak 1989 dan terus diselenggarakan walau tidak beruntun hingga 2009.

APRC kembali ke Tanah Air pada tahun 2019, mengambil lokasi yang sama seperti pada 1996 dan 1997 ketika menjadi bagian dari World Rally Championship (WRC), yakni Medan dan Danau Toba di Sumatera Utara.

Lokasi di Indonesia yang dipakai untuk APRC adalah Sumatera Utara yakni tahun 1994, 1997, 2000, 2019 dan 2023.

Sedangkan Sulawesi Selatan pernah menjadi tuan rumah pada 2005 dan 2009. Mulai 2022, karena geografi yang luas APRC dibagi menjadi dua: Asia Rally Cup dan Pacific Rally Cup.

Pada Grand Final APRC kali ini, siapa pun yang jadi pemenang dia akan dinobatkan jadi juara umum Asia Pacific Rally Championship.

Baca Juga: Grand Final Danau Toba APRC, Musa Rajekshah Incar Juara Nasional

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya