Grand Final Danau Toba APRC, Musa Rajekshah Incar Juara Nasional

Pembalap senior Ricardo Gelael turun gunung

Toba, IDN Times - Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 sudah dimulai hari ini, Jumat (24/11/2023). Seremoni pembukaan digelar di Kaldera Nomadic Toba sekaligus dilanjutkan dengan Leg I dan Super SS.

Pada balapan ini, Musa Rajekshah mengincar kemenangan untuk menjadi Juara Rally Nasional.

"Saat ini saya memang kejar-kejaran poin untuk jadi juara nasional, strateginya apa? Ya gas saja. Saya memang berharap bisa juara nasional tahun ini. Mudah-mudahan pada reli ini bisa dapat poin dan juara nasional. Mudah-mudahan aman semua," ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini saat Konferensi Pers Grand Final Danau Toba APRC 2023.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengaku senang bisa hadir pada pembukaan event bergensi di Indonesia. Ia berharap APRC kali ini akan berjalan lancar dan akan membuka peluang akan menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) pada 2025.

"Tahun depan masih tahun politik dan mudah-mudahan terpilih pemimpin yang luar biasa dan mudah-mudahan 2025 kita akan menggelar WRC 2025," ujarnya disambut tepuk tangan para hadirin.

1. Diikuti 67 pembalap

Grand Final Danau Toba APRC, Musa Rajekshah Incar Juara NasionalKonferensi Pers Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023, umat (24/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Bisa dibilang reli kali ini berlangsung sangat meriah. Total ada 67 pembalap yang akan bersaing dan beberapa di antaranya merupakan pembalap asing. Di antaranya pembalap dari Thailand, India, dan Selandia Baru.

Ijeck selaku penasihat IMI Sumut, mengatakan event ini akan berdampak bukan hanya pada pembalap, tapi juga bagi UMKM dan pelaku wisata yang ada di Danau Toba.

"Kami sangat menginginkan sumut banyak kegiatan otomotif. Kami berharap kegiatan ini lancar dan sukses, agar pemerintah yakin dan mudah-mudahan 2025 WRC akan kembali ke sini," ungkap mantan Wakil Gubernur Sumut ini.

2. Ricardo Gelael akan adu cepat dengan anaknya, Sean Gelael

Grand Final Danau Toba APRC, Musa Rajekshah Incar Juara NasionalRicardo Gelael (dua dari kiri) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Yang membuat event ini terasa sangat istimewa adalah adanya pembalap senior Ricardo Gelael. Ia bakal adu kecepatan dengan anaknya, Sean Gelael.

Di dunia reli tentu orang sudah sangat mengenal Ricardo berkat jasa-jasanya membesarkan olahraga reli di Indonesia.

Ricardo akan didampingi co-driver-nya dari Brasil bernama Gabriel Morales. Akan menggeber mobil Hyundai i20 N Rally2

"Saya senang hari ini bisa turun balapan dengan mobil Hyundai i20 N Rally2. Saya mau enjoy saja semoga semuanya bisa menikmati balapan ini," ujar pembalap 64 tahun ini.

Sedangkan putranya, Sean Gelael mengaku cukup gugup menghadapi balapan kali ini. "Saya pikir minggu ini saya sangat nervous karena sangat banyak pembalap hebat di sini. Tapi ini balapan penting bagi saya. Selamat menikmati untuk semuanya," ungkapnya.

3. Pembalap Selandia Baru takjub dengan Danau Toba

Grand Final Danau Toba APRC, Musa Rajekshah Incar Juara NasionalKonferensi Pers Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023, umat (24/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pembalap asal Selandia Baru, Mike Young mengaku takjub dengan lintasan di Danau Toba. Baginya ini merupakan tantangan besar yang harus ia taklukkan.

Pembalap asal Thailand, Mana Pornsiricherd mengatakan sangat excited untuk tampil pada balapan kali ini. Menurutnya Danau Toba sangat indag dan menawan. Ia akan berusaha tampil maksimal dengan Toyota C-HR AP4-nya

Sedangkan Pembalap, Ryan Nirwan mengakui mendapat hasil yang kurang baik pada dua balapan akhir. Ia akan berusaha bangkit pada balapan terakhir tahun ini.

"Kami siap untuk tantangan kali ini," ungkapnya.

Begitu juga Rifat Sungkar. Dengan Scoda-nya ia akan berusaha tampil maksimal pada balapan kali ini. 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya