TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sumut Posisi 4 PON 2024, Samai Prestasi 1953 dan 1973

Koleksi emas terbanyak sepanjang sejarah ikut PON

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis bersama pengurus lain dan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian saat temu pers bersama wartawan, Sabtu (21/9/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Medan, IDN Times- Sumatra Utara memastikan berada di posisi 4 klasemen akhir Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. Sumut mengoleksi 79 emas, 59 perak dan 116 perunggu. Dengan finish di posisi 4 ini, kontingen Sumut sudah memenuhi target yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut.

Hal itu disampaikan Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis. Menurutnya ini jadi prestasi terbaik Sumut sepanjang perhelatan PON digelar. Sumut sendiri mengikuti 57 cabang olahraga dari total 64 Cabor yang dipertandingkan.

"Target kami (KONI Sumut) 5 besar, tapi target pemerintah 4 besar," ungkap John di Aula KONI Sumut, Sabtu (21/9/2024).

1. 79 medali emas jadi koleksi terbanyak sepanjang sejarah

Meski memenuh target dari segi posisi, namun untuk perolehan emas tak memenuhi target. Sebelumnya Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni menargetkan 100 medali emas.

Begitupun dengan 79 medali emas, jadi koleksi medali emas Sumut terbanyak sepanjang sejarah. Sebelumnya medali emas terbanyak yang diraih Sumut pada PON VIII di Jakarta pada 1973. Saat itu Sumut meraih 21 emas, 12 perak dan 23 perunggu.

“Inilah sudah maksimal yang bisa kami kerjakan, semoga ke depan kita bisa masuk di 3 besar dan saya yakin kalau kita bekerjasama dan sama-sama bekerja terutama kerjasama pemerintah dengan bisa diperbaiki tingkatkan yang lebih bagus,” kata John.

2. Empat cabor menjadi juara umum

Berdasarkan catatan sejarah, posisi tertinggi Sumut dalam satu penyelenggaraan PON adalah peringkat keempat. Pencapaian ini pernah terjadi dua kali, yakni saat menjadi tuan rumah (1953) dan di Jakarta edisi kedelapan (1973). Sumut kerap kali menduduki 10 besar klasemen akhir. Sebelum ini koleksi emas terbanyak Sumut di PON Jakarta dengan 21 emas.

Selain itu menjadi catatan positif lainnya adalah Sumut mampu menjadi juara umum di beberapa cabor. Di antaranya drumband, boling, barongsai dan dance sport.

"Ada 4 cabor juara umum, drumband 7 emas, Barongsai 10 emas (dipertandingkan) kita raih 4 emas, Dansa kita bisa meraih 5 medali emas. Kemudian, boling ini kita belum pernah kita juara umum. Kita meraih 4 medali emas dan juara umum. Walaupun target kita 5 emas," jelasnya.

Berita Terkini Lainnya