Laga Kandang Perdana Persiraja Vs Sriwijaya FC Digelar Tanpa Penonton

Buntut sanksi dari musim lalu

Banda Aceh, IDN Times - Persiraja Banda Aceh bakal menjamu Sriwijaya FC di laga ketiga lanjutan Grup 1 Liga 2 Indonesia musim 2024-2025. Pertandingan akan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Aceh, Selasa (24/9/2024).

Seperti diketahui, Laskar Rencong mendaftarkan dua stadion sebagai kandang selama mengarungi Liga 2 musim ini. Stadion tersebut yakni Harapan Bangsa dan H Dimurthala, Kota Banda Aceh. Namun untuk laga kandang perdana ini dipastikan tanpa penonton.

1. Laga kandang tanpa penonton

Laga Kandang Perdana Persiraja Vs Sriwijaya FC Digelar Tanpa PenontonTamu undangan duduk di dalam stadion jelang upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/9/2024). PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet dari 38 provinsi dan berlangsung pada 9-20 September 2024 (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, mengatakan laga kandang menghadapi Sriwijaya FC dipastikan tanpa penonton akibat dampak dari sanksi pertandingan yang dijalani Laskar Rencong musim lalu.

“Laga itu tidak bisa digelar dengan penonton karena tim Persiraja mendapat sanksi akibat dari pertandingan terakhir Persiraja musim lalu menghadapi Malut United di Stadion Langsa,” kata Rahmat, Sabtu (21/9/2024).

2. Harus menjadi pembelajaran agar tidak merugikan Persiraja

Laga Kandang Perdana Persiraja Vs Sriwijaya FC Digelar Tanpa PenontonSekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, saat meninjau Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi MO Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Rahmat mengaku hukuman sanksi bertanding tanpa penonton tentu merugikan bagi Persiraja. Sebab, kata dia, seharusnya masyarakat Aceh dan pendukung Laskar Rencong bisa menikmati laga kandang perdana Persiraja.

“Tapi ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tertib dalam menyaksikan laga kandang Persiraja, agar tidak merugikan tim,” ujar Rahmat.

Meski pertandingan tanpa dihadiri penonton, namun laga antara Persiraja melawan Sriwijaya FC disiarkan langsung melalui stasiun televisi Indonesia dan Vidio.com.

3. CCTV stadion akan diaktifkan untuk meminimalisir kerusuhan

Laga Kandang Perdana Persiraja Vs Sriwijaya FC Digelar Tanpa PenontonSekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, saat meninjau Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi MO Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberi sanksi Persiraja akibat dari kerusuhan dan pelemparan terhadap perangkat pertandingan yang terjadi ketika menjamu Maluku Utara United (Malut) di Stadion Langsa, Kota Langsa, Aceh, pada 5 April 2024.

Belajar dari kesalahan dahulu, kata Rahmat, saat ini Laskar Rencong akan bermarkas di Stadion Harapan Bangsa yang sudah standar internasional. Oleh karena itu, ia mengajak kepada masyarakat dan pendukung Persiraja untuk sama-sama menjaga fasilitas tersebut.

“Kita dukung Persiraja dengan membeli tiket di setiap pertandingan dan doakan Persiraja lolos ke Liga 1,” kata Sekretaris Umum Persiraja itu.

Terkait langkah mengantisipasi kerusuhan maupun pelemparan yang dilakukan oleh penonton, manajemen Persiraja akan mengaktifkan CCTV di stadion.

Baca Juga: Ditekuk PSKC, PSPS Telan Kekalahan Perdana di Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya