Sambut Hari Orangutan se-Dunia, COP gelar Abelii Fest 2

Dalam rangka rayakan hari orangutan sedunia

Medan, IDN Times- Menyambut hari Orangutan Sedunia, Center for Orangutan Protection (COP) mengadakan Abelii Fest 2 yang mengusung tema "Protect the Orangutan and Beyond" di Pos Bloc Medan mulai Kamis, (17/8/2023).

Acara yang berlangsung selama 4 hari ini, dihadiri Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Rudianto Saragih Napitu serta para seniman muda yang turut memeriahkan pameran seni.

Adapun rangkaian acara ini yakni pagelaran musik, pameran seni, pemutaran film, kids competition serta diskusi.

1. Kondisi orangutan sedang tidak baik-baik saja

Sambut Hari Orangutan se-Dunia, COP gelar Abelii Fest 2Pemotongan pita oleh Kepala BBKSDA Sumut dan ketua panitia Abelii Fest 2 (IDN Times/Taufik Syahputra)

Ketua panitia Netu Domayni mengatakan acara ini dilaksanakan karena merespon bahwa kondisi orangutan yang sedang tidak baik-baik saja dan berharap melalui acara ini bisa menjadi media edukasi bagi masyarakat.

"Alasan Abelii Festival 2 dibuat itu adalah merespon kondisi orangutan yang sedang tidak baik-baik saja. Jadi, melalui media seni kami berharap acara ini menjadi media edukasi yang bisa diterima masyarakat banyak, bukan hanya yang berkeseharian dengan dunia konservasi saja tapi orang-orang luar juga bisa menikmatinya," kata Netu.

Baca Juga: 9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus Diburu

2. Berharap dapat tumbuhkan rasa kepedulian masyarakat, khususnya satwa dilindungi

Sambut Hari Orangutan se-Dunia, COP gelar Abelii Fest 2Pengunjung Abelii Fest 2 melihat pameran seni (IDN Times/Taufik Syahputra)

Netu juga berharap melalui acara ini pesan yang disampaikan dapat diterima dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan satwa, khususnya orangutan.

"COP berharap melalui acara ini pesan yang ingin kita sampaikan dengan dengan berkolaborasi dengan seniman-seniman itu bisa diterima dengan mudah. Dengan sajian yang menurut ku sangat menarik ya bisa dinikmati dan sangat tidak kalah penting juga adalah kepedulian orang-orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan yang tahu jadi semakin peduli bahwa ada satwa yang harus kita lindungi," harapnya

3. Respon positif dari masyarakat

Sambut Hari Orangutan se-Dunia, COP gelar Abelii Fest 2Pengunjung Abelii Fest 2 melihat pameran seni (IDN Times/Taufik Syahputra)

Pengunjung sangat antusias dengan pameran ini. Alliyah Pratiwi salah satu pengunjung pameran mengatakan bahwa ia senang dengan acara ini dan dia juga berharap orangutan bisa hidup dengan bebas di alamnya.

"Menurut saya sih bagus acaranya. Karenakan orangutan tu banyak diburu oleh masyarakat sekitar dan diperlakukan tidak baik. Dengan adanya ini, kayak lebih bagus untuk orangutan". Katanya.

"Mungkin lebih kayak ke tindakan aja sih untuk orangutan itu bisa dilepaskan ke tempatnya. Semoga buat masyarakat disana menjadi lebih sayang kepada orangutan dan tidak dipelihara seperti di foto itu tuh," pungkasnya.

Baca Juga: Orangutan dan Hujaman Pelor Airsoft Gun (Bagian 1)

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya