9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus Diburu

Tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kelestariannya

Salah satu satwa yang termasuk dalam daftar untuk dilindungi adalah orangutan. Saat ini keberadaannya terus berkurang. Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memasukkan orangutan ke dalam daftar merah spesies terancam punah (Critically Endangered).

Berikut beberapa fakta soal orangtuan yang wajib kamu ketahui agar kita menjaga kelestarian satwa arboreal itu.

1. Ada tiga spesies yang sudah ditemukan di Indonesia

9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus DiburuDua individu orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) di kawasan ekosistem Batangtoru. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Di Indonesia, ada tiga jenis orangutan yang menghuni sejumlah habitat. Antara lain orangutan Borneo (Pongo pygmaeus), orangutan Sumatra (Pongo abelii) dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) sebagai spesies yang baru ditemukan pada akhir 2016 di ekosistem Batangtoru.

2. Orangutan menjadi menjadi penjaga hutan tetap lestari

9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus DiburuSatu individu orangutan Sumatra (Pongo abelii) tengah menyantap dedaunan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Orangutan adalah satwa arboreal. 90 persen waktunya, hanya dihabiskan berada di atas pohon. Orangutan mengonsumsi buah-buahan, daun-daunan, bunga hingga serangga kecil. Meski pun ada penelitian yang menyebutkan, orangutan juga memakan daging.

Dari pola dan jenis makanannya, orangutan dijuluki sebagai penjaga hutan. Di sengaja atau tidak, dari buah – buahan yang diamakannya, bijinya akan dibuang dan menjadi bibit yang akan tumbuh. Atau bahkan, biji-bijian itu akan bertahan di dalam kotoran.

Bayangkan jika orangutan punah. Potensi pertumbuhan tanaman baru juga akan terganggu.

Baca Juga: 4 Orangutan dari Sumut ‘Bersekolah’ di Jantho Aceh

3. Punya DNA yang sangat mirip manusia

9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus DiburuSatu individu orangutan Sumatra (Pongo abelii) sedang bergelantungan di atas pohon. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Orangutan selalu disebut sebagai kerabat  paling dekat dari manusia. Ini juga diperkuat dengan penelitian yang menyebut deoxyribonucleic acid (DNA) orangutan identik dengan manusia.

Washington University's Genome Center dalam penelitiannya menyebut jika ada 97 persen keidentikan antara genom manusia dan orangutan.

4. Tinggal di dalam hutan hujan, deforestasi menjadi ancaman

9 Fakta Orangutan, Terancam Punah dan Masih Terus Diburuilustrasi deforestasi (instagram.com/greenpeace)

Seluruh spesies orangutan tinggal di dalam hutan hujan. Habitatnya tentu dipenuhi dengan pepohonan yang menghasilkan buah.

Tubuh orangutan diciptakan menyesuaikan dengan habitatnya. Panjang lengannya dengan jari-jari yang panjang dan mirip dengan manusia membuatnya mampu bermanuver dengan lincah di pohon.

Kondisi ini membuat deforestasi menjadi salah satu ancaman terhadap keberlangsungan hidup orangutan. Baik yang secara ilegal ataupun konversi lahan hutan menjadi perkebunan. Jika kawasan hutan terus berkurang, akan berbanding lurus dengan sebaran populasi yang juga berkurang.