Komunitas Bank Sampah Sumut akan Dibentuk

Field trip dan temu wicara hadirkan Anggota DPR RI

Medan, IDN Times- Para pengelola Bank Sampah se-Sumatra Utara menggelar kegiatan Temu Wicara dan Field Trip selama dua hari, Selasa dan Rabu, 8-9 Agustus 2023.

Kegiatan yang dihadiri puluhan peserta dari berbagai bank sampah yang ada di Sumatra Utara ini, melangsungkan kegiatannya di 3 lokasi berbeda. Yaitu di Perusahaan pengolahan plastik, kampung Outbound Pancur Batu dan Sekretariat Ikatan Alumni Kehutanan Universitas Sumatera Utara (IKAHUT USU).

Kegiatan ini juga menghadirkan Komisi IV DPR RI Djarot Syaiful Hidayat, Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting dan Founder Rumah Mawar Indonesia, R. Mawarni Putri selaku narasumber dalam temu wicara.

1. Pertama kali dilaksanakan secara tatap muka

Komunitas Bank Sampah Sumut akan DibentukAcara Temu Wicara Komunitas Bank Sampah Sumatera Utara (IDN Times/Taufik Syahputra)

Ketua IKAHUT USU, Yudha Lesmana Pohan S.Hut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya diadakan secara tatap muka setelah tiga tahun diselenggarakan secara online. 

"Kita memang setiap tahun melakukan kegiatan ini dan ini sudah ke 3 tahun kita tidak berkumpul lagi dengan bank sampah karena pandemi. Maka, ditahun ini kita mencoba untuk mengikat dan mempererat hubungan itu" ujarnya. 

Baca Juga: Curiga Kemirinya Dicuri, Nenek di Samosir Bunuh Tetangga

2. Apresiasi untuk semangat kolaborasi

Komunitas Bank Sampah Sumut akan DibentukAnggota DPR-RI Komisi IV Djarot Syaiful Hidayat dalam acara Temu Wicara Komunitas Bank Sampah Sumatera Utara (dok.istimewa)

Pada pertemuan ini, Djarot turut mengaku mengapresiasi semangat yang dihadirkan komunitas ini. Ia juga mengatakan akan mendukung penuh agenda-agenda yang dijalankan oleh Komunitas Bank Sampah Sumatera Utara, sepanjang menjalankan pengelolaan secara berintegritas dan berkelanjutan.

"Saya juga akan dorong pemerintah daerah untuk menegakkan aturan Perda tentang sampah. Namun saya juga meminta, agar ada semacam kawasan percontohan yang bisa dijadikan role model dan bisa diadopsi ke daerah-daerah lain," kata Djarot.

3. Membentuk Komunitas Bank Sampah Sumatera Utara

Komunitas Bank Sampah Sumut akan DibentukFoto bersama Anggota DPR-RI Komisi IV, Ketua DPRD Sumut dan kepengurusan baru Komunitas Bank Sampah Sumatera Utara (IDN Times/Taufik Syahputra)

Setelah berdiskusi yang panjang, kesepakatan akhir pun telah dicapai. Ada tiga poin utama telah disetujui, salah satunya pembentukan Komunitas Bank Sampah Sumatra Utara.

Dari hasil kesepakatan terbentuklah kepengurusan baru yang dipimpin oleh Armawati Chaniago dari Bank Sampah Sicanang, Damai Mendrofa dari Bank Sampah Yamantab, dan R. Mawarni Putri dari Rumah Mawar Indonesia.

Di sela temu wicara, hasil kesepakatan dan rekomendasi tersebut pun akhirnya disampaikan secara resmi kepada Anggota DPR RI Komisi IV Djarot Saiful Hidayat dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting.

Baca Juga: Soal Nama Pj Gubernur Sumut, Kelakar Edy: Aku Aja Terus

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya