[UPDATE] Kembali Pecah Rekor Baru, COVID-19 di Sumut Tembus 400 Kasus

Dalam sehari bertambah 38 kasus baru

Medan, IDN Times – Peningkatan kasus COVID-19 di Sumatera Utara kembali memecahkan rekor baru. Dalam sehari kasusnya meningkat 38 orang, Jumat (29/5).

Dengan peningkatan ini, kasus di Sumatera Utara menjadi 400 orang. Peningkatan ini menjadi bukti masih terjadi penularan corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 terus melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Meskipun, kenyataan di lapangan, masyarakat sudah seperti melonggarkan protokol. Kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker juga semakin dipertanyakan.

1. PDP yang dirawat di rumah sakit masih sama 137 orang

[UPDATE] Kembali Pecah Rekor Baru, COVID-19 di Sumut Tembus 400 KasusIlustrasi pasien tes swab. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 terus melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Meskipun, kenyataan di lapangan, masyarakat sudah seperti melonggarkan protokol. Kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker juga semakin dipertanyakan.

Selain angka kasus positif, GTPP melaporkan angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut masih sama dengan data sebelumnya yakni 137 orang. Begitu juga dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 311 orang.

Angka pasien sembuh dan yang meninggal juga tetap sama. Masing-masing sebanyak 118 orang dan 37 orang.

Baca Juga: [UPDATE] Pecahkan Rekor, Positif COVID-19 di Sumut Bertambah 30 Orang

2. Angka kasus positif di Medan terus bertambah hingga 264 kasus positif

[UPDATE] Kembali Pecah Rekor Baru, COVID-19 di Sumut Tembus 400 KasusIlustrasi pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sampai saat ini tingkat penularan tertinggi masih di Medan. Sampai saat ini sudah tembus 264 kasus. Sementara yang sembuh sebanyak 85 orang dan 20 orang meninggal.

Daerah kedua tertinggi adalah Deli Serdang dengan 55 kasus dan Pematangsiantar dengan 23 kasus positif.

3. Masyarakat harus tetap disiplin membiasakan diri dengan protokol kesehatan

[UPDATE] Kembali Pecah Rekor Baru, COVID-19 di Sumut Tembus 400 KasusMasyarakat mengikuti salat Id berjamaah di Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu (24/5). Pihak masjid mewajibkan jemaah menggunakan masker selama mengikuti jalannya ibadah. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Wacana new normal pun mencuat. Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat. Meskipun pihak Pemprov Sumut masih melakukan kajian untuk melakukan new normal.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tak kendur dengan protokol kesehatan. Masker harus tetap jadi alat wajib beraktivitas.

"Tetap laksanakan dan mulai membiasakan diri dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam kehidupan kita. Karena virus COVID-19 tidak bisa dipastikan kapan habisnya, sedangkan aktivitas kehidupan kita harus terus berjalan. Oleh karena itu kita selalu gunakan masker, jaga jarak 2 meter, cuci tangan dengan air dan sabun, serta hindari kerumunan orang," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan.

Baca Juga: [UPDATE] Selama Lebaran, 114 Orang Sembuh dari COVID-19 di Sumut 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya