[UPDATE] Pecahkan Rekor, Positif COVID-19 di Sumut Bertambah 30 Orang

Lonjakan tertinggi dalam sehari

Medan, IDN Times – Angka kasus COVID-19 di Sumatera Utara kembali mengejutkan publik. Terjadi peningkatan signifikan per, Kamis (28/5).

Ada 30 kasus baru yang dicatat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19. Lonjakan ini adalah yang tertinggi sejak corona merebak di Sumut. Jika ditambah dengan hari sebelumnya, total kasus di Sumut hingga saat ini bertengger di angka 362 kasus.

Sebelumnya, lonjakan tertinggi terjadi pada Sabtu (23/5). Saat itu ada 26 kasus yang tercatat dalam sehari.

Peningkatan yang terus terjadi menunjukkan masih terjadi penularan corona di Sumut. Masyarakat tetap diimbau menjalankan protokol kesehatan secara serius untuk menekan angka penularan.

“Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak,” ujar Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Kamis petang.

Gugus Tugas juga melaporkan ada peningkatan jumlah korban meninggal karena corona. Jumlahnya meningkat 2 orang menjadi 37 orang. Untuk orang yang berhasil sembuh saat ini tercatat sebanyak 118 orang.

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumatera Utara saat ini berjumlah 137 orang, menurun dari hari sebelumnya berjumlah 146 orang.Begitu juga jumlah ODP yang menurun dari 441 orang menjadi 311 orang.

Dari seluruh jumlah kasus, Medan masih bertengger di posisi satu penyumbang terbanyak dengan 248 orang. Sebanyak 20 dari 21 kecamatan di Kota Medan juga sudah ditetapkan sebagai zona merah. Hanya kecamatan Medan Belawan yang ditetapkan sebagai zona kuning.

Baca Juga: [UPDATE] Pasien COVID-19 Sumut Meningkat 17 Orang, Tembus 332 Kasus

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya