Positif COVID-19, Uskup Agung: Hai Guys, Mari Kita Olahraga

Kita doakan Uskup Agung lekas pulih ya, guys!

Medan, IDN Times – Kabar Uskup Agung Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap sempat membuat geger publik Kota Medan. Saat ini, Kornelius tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Martha Friska.

Kondisinya pun dikabarkan terus membaik. Meskipun, dia sempat mengalami gejala COVID-19 seperti demam dan batuk.

Kornelius pun memberikan kabar selama di ruang isolasi melalui media sosialnya. Dia mengunggah video tengah berolahraga.

“Hai Guys, anggota Kuria Keuskupan, mari kita olah raga,” ujar Kornelius sambil berlari-lari kecil di dalam ruang perawatan.

1. Uskup Agung ajak pastor lainnya juga berolahraga

Positif COVID-19, Uskup Agung: Hai Guys, Mari Kita OlahragaUskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap dinyatakan positif COVID-19. (Dok Keuskupan Agung Medan)

Selain Kornelius, ada empat pastor lainnya yang juga terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka yakni Vikjen, RP. Michael Manurung, OFMCap;  Vikaris Episkopal Pro Religius, RP. Frans Borta P. Rumapea, O.Carm; Kepala Komunitas Kuria, RP. Romualdus Nairun, CMF; dan RD Joddy Morison Turnip, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik (YPK) Don Bosco.

Mereka tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Lewat video berdurasi dua menit itu Kornelius juga mengajak pastor lainnya berolahraga.

“Bagimana kabar Rumapea? Sudah bisa olahraga. Besok harus bisa. Bapak Ruma, perut semakin besar atau semakin kecil di rumah sakit. Olahraga,” kelakarnya.

Baca Juga: Uskup Agung Medan dan 4 Pastor Positif Terjangkit COVID-19

2. Kornelius juga menunjukkan lengannya yang bengkak karena asam uratnya kambuh

Positif COVID-19, Uskup Agung: Hai Guys, Mari Kita OlahragaIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sambil terus berlari-lari kecil, Kornleius juga memperlihatkan kondisi lengannya yang sedikit membengkak. Itu karena asam uratnya yang kambuh.

“Kumat asam urat, karena dokter frans beri makan yang enak-enak,” ungkapnya.

“Oke bro, salam sehat untuk semua,” imbuhnya sembari mengakhiri video.

3. Sebelum terkonfirmasi COVID-19 Kornelius sempat memberikan pelayanan ke beberapa daerah

Positif COVID-19, Uskup Agung: Hai Guys, Mari Kita OlahragaIlustrasi gereja. ANTARA FOTO/Fauzan/

Hingga saat ini, sudah delapan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di lingkungan Keuskupan Agung Medan. Terdiri dari lima pastor, suster dan asisten rumah tangga. Selama ini mereka tinggal bersama di Keuskupan Agung Medan, Jalan Imam Bonjol.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan juga tengah melakukan pelacakan kontak erat.

 “Di dalam rumah ada 10 orang. Yang positif  delapan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Medan Mardohar.

Informasi yang dihimpun, Uskup Agung memberikan pelayanan di Kabupaten Dari dan Kota Pematang Siantar. “Kita masih liat kontaknya beliau kemana saja. Karena beliau lebih banyak di luar daerah,” ujar Mardohar.

Jika melihat masa inkubasinya, kata Mardohar, penularan COVID-19 di lingkungan Keuskupan Agung Medan berasal dari luar. Apalagi banyaknya kegiatan para pastor di luar. Saat ini lingkungan Keuskupan sudah dilakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan.

Baca Juga: Sebelum Positif COVID-19, Uskup Agung Pelayanan ke Luar Kota

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya