Comscore Tracker

PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung Sejahtera

Para fotografer berbagi ilmu di masa pandemik

Medan, IDN Times – Sejatinya tugas jurnalis adalah mengedukasi selain menyampaikan informasi. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan tidak berhenti menjalankan tugas jurnalistiknya. Selain mengabadikan momen pada peristiwa, PFI juga menjalankan tugas edukasi kepada masyarakat.

Di dalam kepengurusan yang baru saja dibentuk, PFI Medan terus menggeber berbagai kegiatan pengembangan masyarakat. Kali ini, para anggota PFI Medan kembali turun ke Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Petisah Tengah, Kota Medan untuk menularkan atau berbagi ilmu fotografi dasar kepada anak-anak.

1. Kenalkan ilmu fotografi sejak dini supaya kelak ada pewarta andal dari Kampung Sejahtera

PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung SejahteraPFI Medan mengajari teknik fotografi dasar kepada anak-anak Kampung Sejahtera, Medan. (Dok PFI Medan)

Praktik fotografi ini dilaksanakan pada Sabtu 16 Januari 2021 pagi. Anak-anak Kampung Sejahtera begitu antusias saat para punggawa PFI Medan hadir ke  sana. Apalagi saat mereka mulai mengeluarkan kamera dan memandu anak-anak untuk memotret.

Anak-anak dibagi ke  beberapa kelompok. Masing-masing dipandu oleh anggota PFI Medan. Hunting foto pun dilakukan di sekitar Kampung Sejahtera. Supaya anak-anak paham jika aktivitas warga adalah hal yang menarik untuk diabadikan lewat gambar.

“Kita ingin nantinya ada bibit fotografi di Kampung Sejahtera. Ini juga merupakan bagian dari upaya kami membantu masyarakat untuk mengubah stigma negatif yang selama ini ada di Kampung Sejahtera yang dulunya dikenal sebagai Kampung Kubur,” ujar  Koordinator Bidang Pendidikan dan Profesi PFI Medan Septianda Perdana.

Baca Juga: PFI Medan Ajari Anak-anak Kampung Sejahtera Memotret Pakai Ponsel

2. Karya foto anak Kampung Sejahtera akan dipamerkan saat pelantikan PFI Medan

PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung Sejahtera

Usai praktik memotret, anggota PFI Medan melihat jepretan yang dihasilkan anak-anak tersebut. Ternyata jepretannya juga bagus. Beberapa anak juga sudah terlihat punya bakat dalam memilih angle foto.

“Ini salah satu potensi yang harus dikembangkan. Kami juga meninginkan supaya kegiatan ini berkelanjutan,” ungkap pria yang akrab disapa Asep ini.

Nantinya, karya-karya yang dijepret oleh anak-anak akan dipamerkan saat acara pelantikan PFI Medan yang rencananya akan digelar pada Februari mendatang.

"Kita perkenalkan anak-anak dengan kamera. Kita pinjamkan, ajarkan dan kita buka ruang untuk diskusi bersama anak-anak. Sehingga anak-anak ini punya kebanggaan tersendiri dengan karya yang dihasilkan,” ungkap Asep.

3. Jurnalis juga berperan penting untuk mengubah stigma terhadap Kampung Sejahtera

PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung SejahteraPFI Medan mengajari teknik fotografi dasar kepada anak-anak Kampung Sejahtera, Medan. (Dok PFI Medan)

Warga kampung pun ikut  senang dengan kehadiran PFI Medan ke pemukiman mereka. Juru Bicara Persatuan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS) Muhammad Adly Nasution mengatakan, jurnalis sejatinya punya peran penting untuk menyebarkan informasi soal Kampung Sejahtera yang sudah banyak berbenah.

"Dulu kampung kita dilabeli berwarna hitam. Tapi kini, keadaan sudah berubah lebih baik dan teman-teman PFI Medan berperan dalam menyiarkan informasi baru tentang kampung kami, kampung kami yang sekarang. Saya berharap, kegiatan seperti ini bisa terus kita jalin. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan selalu menyambut baik dengan berbagai acara yang digelar,” katanya.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Prayugo Utomo

Berita Terkini Lainnya