Comscore Tracker

Pertarungan Timses Pilkada Medan, Tifatul Sembiring VS Sandiaga Uno

Ini nama-nama Timses dua bapaslon Pilkada Medan

Medan, IDN Times – Tensi politik di Pemilihan Wali Kota Medan terus meningkat. Konstelasi politik yang terbangun semakin susah diprediksi. Mulai dari koalisi yang terbangun, hingga orang-orang yang ada di tim pemenangan.

Kubu petahana, Akhyar Nasution–Salman Alfarisi sudah merampungkan tim pemenangannya. Begitu juga di kubu Menantu Joko Widodo, Bobby Afif Nasution - Aulia Rachman. Sejumlah nama beken ada di dalam struktur masing- masing tim sukses.

1. Tim Akhyar-Salman ada mantan presiden PKS hingga tokoh Demokrat

Pertarungan Timses Pilkada Medan, Tifatul Sembiring VS Sandiaga UnoPolitikus senior PKS Tifatul Sembiring (art.pks.id)

Dalam Pilkada kali ini, Akhyar–Salman hanya didukung dua partai PKS dan Demokrat. Sisanya diborong oleh menantu Presiden Joko Widodo Bobby Afif Nasution yang menggandeng kader Gerindra Aulia Rahman.

Ketua Tim Pemenangan Akhyar- Salman, Ibrahim Tarigan mengatakan, timnya merekrut politisi nasional di tim pemenangan. Sejumlah nama yang sudah masuk antara lain, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring hingga tokoh Demokrat Hinca Panjaitan dan Jansen Sitindaon.

Tifatul dan Hinca didaulat sebagai Dewan Pembina sedangkan Jansen Sitindaon, Wakil Sekjen Demokrat sebagai Dewan penasehat. Dengan timses yang sudah punya jam terbang tinggi, Ibrahim yakin Akhyar–Salman bisa unggul di Pilkada Medan.

“Pak Tifatul kan presiden PKS dulu, otomatis dia kan memenangkan kadernya kan (Salman), kalau Hinca mantan sekjen otomatis memenangkan kadernya semuanya ” ujar Ibrahim, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, Simalakama Darurat COVID-19 dan Nafsu Politik

2. Politisi senior jadi semangat mendulang suara

Pertarungan Timses Pilkada Medan, Tifatul Sembiring VS Sandiaga UnoIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Ibrahim pun mengatakan, bergabungnya para politisi senior di Timses Akhyar-Salman akan memberikan dinamika positif dalam Pilkada Medan. Para politisi senior ini bisa memberikan semangat tim untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya menghadapi tim Bobby-Aulia.

“Kehebatan senior ini sebagai contoh, kan. Kalau contoh yang terbaik dicontohkan hasilnya akan bagus ke bawah,” pungkas Ibrahim

3. Tim Bobby–Aulia gandeng Sandiaga Uno dan nama beken lainnya

Pertarungan Timses Pilkada Medan, Tifatul Sembiring VS Sandiaga UnoSandiaga Uno

Sementara itu, Timses Bobby-Aulia juga menggandeng sejumlah nama beken. Salah satunya adalah Sandiaga Uno yang sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilu lalu. Sandiaga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra. Pada tim pemenangan dia didapuk sebagai Dewan Pembina.

Selain Sandi, ada sejumlah nama lain yang juga cukup mencolok. Seperti politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait, Sukur Nababan, Sofyan Tan dan lainnya.

Sedangkan di struktur dewan pengarah, ada para Ketua DPD Partai Provinsi. Di antaranya Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Djarot Syaiful Hidayat, Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar ST, Ketua Hanura Sumut Kodrat Shah, Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan lain-lain.

Tim Pemenangan Bobby saat ini dipimpin oleh HT Milwan yang merupakan mantan Ketua Demokrat Sumut. Sementara Sekretaris Tim Pemenangan diisi oleh Alween Ong. Bobby-Aulia dalam pencalonannya didukung 8 partai yakni, Golkar, Gerindra, PDI Perjuangan, NasDem, PSI, Hanura, PAN dan PPP.

Baca Juga: Selain KPU, Ini Pihak yang Ngotot Pilkada 2020 Tetap Digelar

Topic:

  • Prayugo Utomo
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya