Pembunuhan Hakim PN Medan, Istri Kedua Jamaluddin Jadi Tersangka

Diduga ada tiga tersangka

Medan, IDN Times – Beredar informasi soal perkembangan kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin. Polisi dikabarkan sudah menetapkan tersangkanya.

Bahkan soal kabar tersangka itu juga merujuk pada orang dekat Jamaluddin. Namun setelah ditelusuri, belum ada yang memberikan informasi pasti soal penetapan tersangka itu.

“Kabarnya sudah ada, tapi nanti disampaikan pimpinan,” kata Humas PN Medan Erintuah, Selasa (7/1).

Namun Erintuah enggan menjelaskan lebih jauh soal informasi kasus itu. “No Comment,” ungkap Erintuah sembari berlalu.

Sedangkan Mabes Polri sudah membeberkan bahwa ZH, istri kedua Jamaluddin sebagai tersangka. Serta ada dua orang suruhan lainnya yang juga menjadi tersangka.

1. Pengacara sebut istri kedua Jamaluddin diperiksa lagi kemarin

Pembunuhan Hakim PN Medan, Istri Kedua Jamaluddin Jadi TersangkaPolisi saat memeriksa mobil mendiang Hakim PN Medan Jamaluddin (Dok.IDN Times/istimewa)

Onan Purba, kuasa hukum yang mendampingi ZH, istri Jamaluddin mengatakan jika kliennya kembali diperiksa. Istri kedua Jamaluddin tersebut diperiksa sejak Senin (6/1) sekira pukul 14.00 WIB.   

Namun kabar soal istri Jamaluddin yang ditetapkan menjadi tersangka, dia belum mendapatkan kabar tersebut.

“Sampai sekarang saya belum tahu. Terakhir kami dampingi di Polresta sampai pagi (tadi), belum ada indikasi ke sana,”  ungkapnya.

Baca Juga: Hakim PN Medan Tewas, Staf Jamaluddin Diperiksa Polisi 

2. Jika sempat menjadi tersangka pengacara tidak bisa berbuat banyak

Pembunuhan Hakim PN Medan, Istri Kedua Jamaluddin Jadi TersangkaRuangan Jamaluddin dijaga Satpam selama diperiksa oleh Ketua PN Medan (Prayugo Utomo/IDN Times)

Kata Onan, istri Jamaluddin masih menjadi saksi saat diperiksa hingga, Selasa (7/1) sekira  pukul 03.30 WIB. “Kalau jadi tersangka, yah kalau memang begitulah penemuan polisi kita tidak bisa berbuat apa apa. Sebagai pembela kita menegakkan hukum,” ungkapnya.

Onan juga menyebutkan jika pemeriksaan istri Jamaluddin masih seputar kejadian itu. “Kalaupun dapat ada informasi ada perkembangan baru yah bagus sekali. Kita tidak menghambat pemeriksaan polisi. Kalau memang sudah diindikasi silahkan ditegak hukum. Sebagai penasihat hukum pasti itu saya sarankan. Itu kalau yah,” ujarnya.

3. Polisi juga dikabarkan kembali menggeledah sejumlah lokasi

Pembunuhan Hakim PN Medan, Istri Kedua Jamaluddin Jadi TersangkaRuangan Jamaluddin dijaga Satpam selama diperiksa oleh Ketua PN Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Informasi yang beredar di lapangan, ada tiga orang yang ditetapkan tersangka. Salah satunya adalah salah otak pelaku pembunuhan. Kemudian dua lagi merupakan orang suruhan.

Sayangnya pihak kepolisian di sumut belum mau memberikan keterangan terkait kasus tersebut. Polisi dikabarkan tengah melakukan prarekonstruksi sudah digelar di sejumlah lokasi. Onan juga belum mendapatkan kabar soal penggeledahan di rumah Jamaluddin di kawasan Medan Johor.

“Saya tidak dilibatkan lagi kalaupun ada (penggeledahn). Karena saya sudah pulang ke rumah,” ungkap Onan.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja menjelaskan jika sudah 50 orang saksi dalam kasus itu.

Saksi-saksi yang diperiksa mulai dari kalangan teman seprofesi, hingga pihak keluarga. Termasuk Istri Jamaluddin Zuraidah.

Tatan juga memastikan pembunuhan itu sudah direncanakan. Terbukti dengan barang-barang berharga milik Jamaluddin tidak ada yang raib.

“Kasus ini yang pasti ada unsur dendam. Dan yang pasti pelaku ini kenal dengan korban. Karena barang-barang (milik korban) tidak ada yang hilang,” ungkap Tatan, Senin (6/1).

 

4. Mabes Polri sebut ada tiga orang pelaku

Pembunuhan Hakim PN Medan, Istri Kedua Jamaluddin Jadi TersangkaLokasi penemuan hakim PN Medan tewas di dalam mobil (Dok. IDN Times)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mastikan bahwa otak pembunuhan tersebut istri keduanya.

"Ada tiga pelaku, yang pertama istri korban, sama dua orang suruhannya. Istri korban inisial ZH, suruhannya JB dan R," ujar Argo di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

ZH adalah istri kedua Jamaluddin. Sedangkan istri pertama sudah diceraikan beberapa tahun lalu sebelum menikahi ZH.

Jamaluddin ditemukan tidak bernyawa di dalam mobilnya  di kawasan perkebunan sawit Desa Sukadame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (29/11) tahun lalu. Jenazahnya ditemukan di baris kedua kursi penumpang.

Barang berharga seperti jam tangan, kalung dan cincin Jamaluddin tidak ada yang hilang. Dia ditemukan dalam keadaan mengenakan pakaian olahraga tanpa kaus dalam.

Baca Juga: 50 Saksi Sudah Diperiksa, Pembunuhan Hakim Jamaluddin Masih Misteri

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya