Comscore Tracker

Misa Natal di Medan, Jemaat Gereja Dibatasi untuk Cegah COVID-19

Protokol kesehatan diberlakukan ketat

Medan, IDN Times – Tidak seperti Natal tahun lalu, Gereja Katedral Medan lebih lengang, Jumat (25/12/2020). Ibadah Natal 2020 dibatasi. Itu dilakukan untuk  mencegah potensi COVID-19.

Meski dengan jumlah jemaat yang terbatas, ibadah tetap berlangsung khidmat. Misalnya yang terlihat pada misa sesi kedua. Ada 370 jemaat yang mengikuti ibadah. Misa Natal dipimpin oleh Uskup Agung MGR Cornelius Sipayung.

1. Gereja Katedral perketat protokol kesehatan sebelum jemaat masuk

Misa Natal di Medan, Jemaat Gereja Dibatasi untuk Cegah COVID-19Uskup Agung MGR Kornelius Sipayung masuk ke areal gereja untuk pelaksanaan Misa Natal, Jumat (25/12/2020). (Istimewa)

Selain pembatasan jumlah jemaat, protokol kesehatan juga jadi fokus utama. Jemaat yang masuk wajib mencuci tangan. Kemudian pengecekan suhu tubuh. Mereka juga wajib memakai masker.

Di ruang utama ibadah, tempat duduk jemaat juga diberikan jarak antar jemaat yang duduk. Di dalam ruang utama gereja hanya 100 jemaat yang diperbolehkan masuk. Selebihnya berada di wisma dan aula gereja. Mereka mengikuti ibadah dengan metode daring.

“Dalam pelaksanaan ibadah pihak gereja juga memperketat protokol kesehatan. Setiap bangku panjang diisi oleh empat jemaah. Kemudian bangku belakang dikosongkan. Dan untuk di gedung serba guna dan wisma itu disediakan jarak satu meter per umat,” Ketua Orang Muda Katolik Gereja Katedral Medan Christofher Tarigan.

Baca Juga: Libur Natal-Tahun Baru, Ini Aturan Baru Masuk Ke Sumatera Utara

2. Perayaan Natal untuk anak-anak dan lansia ditiadakan

Misa Natal di Medan, Jemaat Gereja Dibatasi untuk Cegah COVID-19Jemaat di Gereja St Lidwina saat melaksanakan Misa natal pada Rabu (25/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Tahun sebelumnya, pihak gereja masih menggelar perayaan Natal untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Namun karena situasi Pandemik COVID-19, semuanya ditiadakan.

“Untuk anak – anak dan lansia sangat diimbau melaksanakan misa dari rumah. Gereja Katedral Medan melaksanakan misa melalui live streaming melalui Youtube Gereja katedral Medan dan Youtube Homesos Keuskupan Agung medan,” ujarnya.

3. Durasi Misa Natal juga dipangkas

Misa Natal di Medan, Jemaat Gereja Dibatasi untuk Cegah COVID-19ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Sementara itu, Koordinator Keamanan Gereja Katedral M Nainggolan mengatakan, untuk pelaksanaan misa juga dilakukan dengan durasi lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini sesuai dengan surat keputusan persekutuan gereja – gereja di Indonesia.

“Kalau biasanya ibadah sampai dua jam, sekarang karena COVID-19 dibatasi maksimal satu jam setengah saja,” ucap Nainggolan.

Lebih lanjut dikatakan Chris, untuk pelaksanaan misa natal pada hari ini di Katedral dibagi atas empat sesi. Mulai pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB pagi. Kemudian sesi sore hari dimulai pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB. Sedangkan pada pelaksanaan misa malam natal Kamis (24/12/2020) dilakukan dalam tiga sesi.

Baca Juga: 7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluarga

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya