Comscore Tracker

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluarga

Di Sumut ada Salib Kasih dan Graha Maria Annai Velangkanni

Natal yang ditunggu-tunggu umat Kristiani akhirnya datang juga. Sebagian masyarakat Indonesia memanfaatkan momen ini untuk liburan bersama keluarga.

Selain memiliki wisata alam atau taman bermain, beberapa orang memilih untuk berwisata religi. Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, berikut beberapa destinasi wisata religi yang cocok dikunjungi saat libur Natal, bahkan dua di antaranya ada di Sumatera Utara. Yuk simak!

1. Gua Maria Lourdes Pohsarang, Kediri

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/heriyudianto1909

Gua Maria Lourdes Pohsarang berada di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Lokasinya berada satu wilayah dengan Gereja Pohsarang.

Destinasi wisata religi ini merupakan replika dari Gua Maria di Lourdes, Perancis. Selain patung Bunda Maria, wisatawan yang berkunjung juga bisa melakukan Jalan Salib dengan khusyuk.

2. Salib Kasih Tarutung, Tapanuli Utara

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/sumateratraveling

Ada sejarah di balik pembangunan destinasi wisata religi satu ini. Bukit Salib Kasih berada sekitar 2 kilometer dari Kota Tarutung, tepatnya di Bukit Dolok, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Salib Kasih dibangun untuk mengenang jasa seorang misionaris Kristiani yang berasal dari Jerman, yakni Ingwer Ludwig Nommensen. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun lokal, terutama saat Natal dan Paskah.

3. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/iwanvanwilan

Unik dan menarik, Graha Maria Annai Velangkanni merupakan gereja Katolik di Medan. Gereja ini dibangun dan didedikasikan untuk Bunda Maria, Bunda Penyembuh yang dikenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha.

Bentuk arsitekturnya yang serupa kuil membuat banyak umat dan wisatawan tertarik untuk berkunjung. Terlebih lagi, pintu gerbang masuknya dihiasi rumah adat Batak Toba dan Karo. Keren banget!

4. Prasasti Salib Besar, Manokwari

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/firdaus_amyar

Destinasi wisata religi satu ini berada di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. Pulau Mansinam begitu bersejarah bagi masyarakat setempat karena di sana pertama kali ajaran Injil disebarkan.

Dua pendeta asal Jerman, Carl William dan Goltlob Geisller, menjejakkan kaki di pulau tersebut dan menebarkan ajaran Kristiani. Untuk mengenang jasa mereka, dibangunlah Prasasti Salib Besar dan patung kedua pendeta tersebut.

Ada pula relief gambar yang menceritakan sejarah kedatangan kedua pendeta ke Pulau Mansinam.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Paling Unik di Dunia, Mau Liburan ke Sini?

5. Patung Yesus Buntu Burake, Tana Toraja

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/iamirfanation

Disebut sebagai yang tertinggi di dunia, Patung Yesus Buntu Burake berada di puncak Bukit Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ketinggiannya mengalahkan patung Yesus Sang Penebus di Rio de Janeiro Brasil setinggi 38 meter.

Patung Yesus Buntu Burake tingginya 45 meter. Patung ini berdiri di puncak Gunung Buntu Burake di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya umat Kristiani saja yang boleh berkunjung, siapa pun bisa datang dan menyaksikan tinggi dan megahnya patung Yesus tersebut.

6. Patung Bunda Maria Nilo, Maumere

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/chartyn_laka

Tak hanya patung Yesus yang berukuran besar, Indonesia juga punya patung Bunda Maria berukuran besar di daratan Maumere. Nama aslinya Patung Maria Bunda Segala Bangsa dan memiliki ketinggian 28 meter.

Lokasinya berada sekitar 7 kilometer dari Kota Maumere, tepatnya di Bukit Keling-Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita. Patung perunggu ini beratnya mencapai 6 ton.

Suasana di kawasan Bukit Nilo ini sangat menenangkan, sehingga wisatawan bisa berkunjung berkunjung dengan nyaman, bahkan berdoa dan beribadah dengan khusyuk.

7. Larantuka, Flores Timur

7 Wisata Religi di Indonesia Cocok untuk Liburan Natal Bareng Keluargainstagram.com/kataomed

Larantuka berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Dijuluki sebagai Kora Seribu Kapel, Larantuka jadi jujugan wisata favorit umat beragama Katolik.

Saat Natal dan Paskah, umat Katolik dari berbagai daerah berwisata religi ke sini. Ada banyak kapel yang bisa kamu temukan selama mengunjungi Larantuka.

Bahkan, di sepanjang garis pantai, kamu bisa melihat beberapa altar di depan kapel-kapel. Unik dan kerasa banget wisata religinya nih!

Nah, itulah beberapa destinasi wisata religi di Indonesia yang cocok dikunjungi saat libur Natal. Wisata religi di tengah pemandangan alam yang memesona, nih.

Baca Juga: 10 Wisata Paling Ramai di Puncak saat Akhir Tahun, Yakin ke Sini?

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya