Malam Takbiran, 110 Ruas Jalan di Medan dan Deliserdang Akan Disekat

Penumpukan massa masih berpotensi tinggi tularkan corona

Medan , IDN Times – Jelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Polrestabes Medan dan Pemko Medan berkoordinasi untuk melakukan penyekatan beberapa ruas jalan. Penyekatan ini adalah upaya antisipasi potensi penularan di tengah keramaian.

Penyekatan jalan rencananya akan dilakukan saat malam takbiran. Lokasi penyekatan meliputi Kota Medan dan Deli Serdang.

1. Ada 110 ruas jalan yang akan disekat untuk cegah konvoi malam takbiran

Malam Takbiran, 110 Ruas Jalan di Medan dan Deliserdang Akan DisekatIlustrasi penyekatan jalan (Dok. Dishub Kota Semarang)

Polrestabes Medan membeberkan, nantinya ada 110 ruas jalan yang akan disekat. Setiap ruas akan mendapat penjagaan ketat dari aparat terkait.

Ada 770 personel yang akan diturunkan untuk berjaga. Setiap titiknya akan diisi 7 orang dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan petugas dari Dinas Kesehatan. Waktu penyekatan dimulai dari malam takbiran pukul 20.00 hingga keesokan harinya pukul 06.00 WIB.

"Kami menyadari bahwa Polri tidak bisa kerja sendiri. Tentu dibutuhkan bantuan dan dukungan dari kita semua. Mengingat, tantangan tugas kita saat ini lebih besar karena adanya wabah Covid-19. Namun, apa yang kita lakukan dasarnya adalah demi kepentingan masyarakat," kata Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji dalam rapat koordinasi di Rupatama Mapolrestabes Medan, Selasa (12/5).

Baca Juga: Awas Kena Sanksi! 5 Poin Penting Seputar Karantina Kesehatan di Medan

2. Penyekatan jalan harus dilakukan efektif untuk mencegah keramaian

Malam Takbiran, 110 Ruas Jalan di Medan dan Deliserdang Akan DisekatRazia masker di Medan menyusul pemberlakuan Peraturan Wali Kota Medan nomor 11 Tahun 2020 Tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Istimewa)

Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman mengatakan, pengamanan yang dilakukan nantinya harus efektif meminimalisir keramaian warga. Terlebih di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Penyekatan jalan juga merupakan penegakan Perwal No.11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 di Kota Medan.

"Pemko Medan mendukung penuh rencana penyekatan jalan jelang malam takbiran ini. Apalagi, masyarakat sudah terbiasa mengadakan konvoi dan pawai takbiran. Namun, kondisi saat ini berbeda. Kita tengah dihadapkan dengan wabah penyakit yang tidak terlihat dan bisa menjangkit siapa dan kapan saja. Maka hal ini penting agar penerapan social dan physical distancing benar-benar berjalan. Tujuan kita bersama adalah menghambat penyebaran Covid-19," kata Sekda.

Wiriya menekankan bahwa perlu pemahaman jelas di masyarakat agar rencana penyekatan jalan ini tidak menimbulkan persepsi yang salah. Artinya , bukan takbirannya yang dilarang, namun kegiatan konvoi dan pawainya yang dihindari untuk dilakukan.

 "Kami berharap kita semua dapat menyampaikan dengan jelas maksud dari rencana penyekatan ini. Takbir bisa dikumandangkan melalui masjid atau dari rumah masing-masing agar tidak menimbulkan keramaian di jalan raya," pungkasnya.

3. Medan masih menjadi penyumbang tertinggi kasus COVID-19 di Sumut

Malam Takbiran, 110 Ruas Jalan di Medan dan Deliserdang Akan DisekatIlustrasi (Dok. ANTARA FOTO)

Dari Total 198 kasus COVID-19 di Sumut (data per 12 Mei 2020), medan masih menjadi kota yang menempati posisi pertama. Jumlah kasus di Medan sebanyak 145 orang positif. Ditambah yang meninggal 13 orang dan sembuh 35 orang.

Sementara itu, diposisi kedua ditempati oleh Deli Serdang dengan 23 kasus. Sebanyak 5 orang meninggal duniyaa dan 4 orang sembuh.

Angka ini menunjukkan masih terjadi penularan yang tinggi di Kota Medan dan Deli Serdang. Namun pantauan di lapangan, aktifitas masyarakat terus meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri di Kota Medan. Beberapa ruas jalan yang sempat lengang kini kembali macet di saat jam sibuk, khususnya jelang berbuka puasa.

Baca Juga: Hati-hati! Warga Medan Tak Pakai Masker di Banda Aceh Akan Diusir

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya