Lagi, Penumpang Kualanamu Ditangkap Bawa 2 Kg Sabu

Sudah 3 kasus dalam sepekan

Deli Serdang, IDN Times – Dalam sepekan terakhir, tiga kali upaya penyelundupan narkoba melalui Bandara Kualanamu dilakukan. Teranyar, petugas keamanan bandara menangkap seorang terduga kurir membawa 2 kg sabu-sabu, Jumat (29/9/2023).

Kurir yang ditangkap adalah Anwar (26). Dia merupakan warga Aceh.

1. Simpan sabu di dalam koper

Lagi, Penumpang Kualanamu Ditangkap Bawa 2 Kg SabuIlustrasi sabu-sabu. (IDN Times)

Petugas yang mnencurigai Anwar lantas menyetopnya saat melewati pintu pemeriksaan. Koper yang dibawa Anwar kemudian diperiksa.

"Koper milik calon penumpang diperiksa secara manual di Out of Gauge (OOG) areal keberangkatan dan tujuh bungkusan plastik berisi narkoba ditemukan," ujar Junior Manager Aviation Security Bandara Kualanamu Varid Vadillah Idris.

Baca Juga: Hari Tani, WALHI Sumut: Jokowi Gagal Laksanakan Reforma Agraria

2. Sabu-sabu rencana akan dibawa ke Jakarta

Lagi, Penumpang Kualanamu Ditangkap Bawa 2 Kg SabuBandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Petugas kemudian membawa Anwar ke dalam posko Avsec Kualanamu. Kemudian mereka menyerahkannya ke polisi setempat.

“Tersangka rencana akan terbang ke Jakarta menggunakan maskapai Super Air Jet. Hal itu diketahui dari boarding pass pelaku," jelasnya.

3. Ada tiga kasus penyelundupan dalam sepekan terakhir

Lagi, Penumpang Kualanamu Ditangkap Bawa 2 Kg SabuBandara Kualanamu memperketat pengawasan terhadap penumpang yang masuk dari penerbangan Internasional. Kualanamu dipasangi thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh orang yang diduga terjangkit Corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Penangkapan Anwar merupakan kasus penyelundupan ketiga yang terungkap di Bandara Kualanamu. Sebelumnya, seorang laki-laki berinisial R ditangkap membawa 1 kg sabu-sabu di Kualanamu. Berdasarkan pengakuan pelaku kepada petugas kepolisian, barang haram itu hendak dibawa ke Samarinda. Namun terlebih dahulu transit di Bandara Soekarno-Hatta.

Sehari kemudian, petugas mengungkap penyelundupan sabu-sabu pada Senin (25/9/2023). Kedua pelaku MH dan EI menyelundupkan sabu-sabu di dalam sepatu. Sabu-sabu lebih dari 1 kg hendak diterbangkan ke Jakarta.

Baca Juga: Bawa 1 Kg Sabu Dalam Koper, Laki-laki Asal Aceh Ditangkap di Kualanamu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya