Gratis! 2 Tol Baru di Sumut Difungsikan Selama Mudik Lebaran

Tol dibuka untuk retas kemacetan

Medan, IDN Times – Dua ruas tol baru di Sumatra Utara akan difungsikan selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023. Kedua ruas tol itu antara lain Tebing Tinggi-Indrapura dan Dolok Merawan-Sinaksak.

Untuk gerbang Tebing Tinggi-Indrapura jarak tol sepanjang 28,5 KM. Sementara gerbang Dolok Merawan- Sinaksak jaraknya 15,6 KM. Pemungsian dua tol ini dilakukan untuk meretas kepadatan lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran 2023.

1. Dari Kota Medan sudah bisa tembus ke Indrapura

Gratis! 2 Tol Baru di Sumut Difungsikan Selama Mudik LebaranIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pemungsian ruas tol ini membuat jarak tempuh kendaraan terpotong. Misalnya, dari Kota Medan pengendara bisa langsung ke luar dari gerbang Indrapura.

Sedangkan gerbang Dolok Merawan-Sinaksak, bisa menjadi jalur alternatif, bagi pengendara yang akan ke Pematangsiantar.

"Kedua, ruas gate to gate ini dinilai, yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan," ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Dibuka saat Mudik, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Masih Gratis

2. Kedua ruas yang dibuka akan dioperasikan mulai 15 April – 2 Mei 2023

Gratis! 2 Tol Baru di Sumut Difungsikan Selama Mudik LebaranJalan Tol Seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura (20,40 Km) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat (Dok. PT Hutama Karya (Persero) Tbk)

Dindin menjelaskan, dua ruas tol itu akan dibuka mulai 15 April 2023 hingga 2 Mei 2023. Tol bisa digunakan pada kedua lajurnya.

"Ini diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1 (mobil, mini bus) dengan batas kecepatan kendaraan 40-60km/jam," kata Dindin.

Pemungsian tol ini untuk menunjang kelancaran arus mudik dan arus balik. Berkaca dari tahun sebelumnya, di mana volume kendaraan diprediksi akan meningkat.

Kondisi tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah dilengkapi dengan perambuan, marka, guardrail dan penerangan yang memadai. Namun, pada area gate Indrapura yang masuk scope pekerjaan Seksi 2 masih terdapat tahap pekerjaan finishing konstruksi.

Sedangkan untuk ruas gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak masih terdapat titik-titik pekerjaan konstruksi. Sehingga pengendara harus lebih waspada saat melintas.

3. Ruas Kualatanjung - Tebing Tinggi-Parapat masih tahap konstruksi

Gratis! 2 Tol Baru di Sumut Difungsikan Selama Mudik Lebaranilustrasi proyek tol. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dindin juga menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan tahapan konstruksi ruas tol Kualatanjung - Tebingtinggi – Parapat.

Sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan evaluasi dan peninjauan lapangan bersama Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Kementerian PUPR, Polda Sumut dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

”Kami haturkan terima kasih atas perhatian dan dukungan seluruh stakeholder. Kami berharap dengan fungsionalnya jalan tol ini, dapat memperlancar arus mudik dan balik Lebaran, dengan memangkas waktu tempuh perjalanan,” pungkasnya.

 

Baca Juga: Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya