Dibuka saat Mudik, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Masih Gratis

Kini bisa melaku dari Baitussalam ke Seulimeum

Banda Aceh, IDN Times - PT Hutama Karya memastikan 596 kilometer ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) siap dilintasi warga yang mudik saat lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah ini.

Salah satu ruas jalan yang sudah dapat dilintasi adalah Tol Sigli-Banda Aceh tepatnya pada Seksi 2, 3 dan 4. Terbentang dari Seulimeum hingga Blang Bintang, jalan sepanjang 35,8 Km tersebut sudah dapat dilalui. Menyusul seksi 5 dan 6 saat lebaran nanti. 

1. Saat mudik lebaran, Tol Sibanceh Seksi 2-6 sudah bisa dilalui

Dibuka saat Mudik, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Masih GratisRuas jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Aceh (IDN Times/Saifullah)

Kepala Seksi Operasi Ruas Tol Sigli-Banda Aceh, Diolana Prian Mandira mengatakan, saat arus mudik lebaran 2023, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam akan dioperasikan secara fungsional. 

Dioperasikannya dua seksi tersebut, maka ruas jalan yang bisa dilalui selama mudik di Tol Sibanceh yakni mulai dari Gerbang Tol (GT) Baitussalam hingga GT Seulimeum.

“Untuk secara keseluruhan panjang dari Seksi 2-6 mencapai 48,5 Km,” kata Diolana saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023, Penumpang Bus ALS Turun 50 Persen

2. Selama masa mudik, Seksi 5 dan 6 gratis

Dibuka saat Mudik, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Masih GratisTol Sibanceh di Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (Dokumentasi Hutama Karya untuk IDN Times)

Sementara itu, karena dioperasikan sebagai fungsional, Tol Sibanceh Seksi 5 dan 6 mulai 15-30 April 2023 atau saat mudik dikatakan Diolana, belum dikenakan tarif sebagaimana yang diatur.

“Untuk saat ini yang sudah beroperasi dan bertarif di Seksi 2, 3, dan 4,” ujarnya.

“Untuk Seksi 5 dan 6 yang fungsional nanti masih belum bertarif. Masih gratis, selama fungsional,” imbuh Diolana.

3. Gerbang Tol Blang Bintang dijadikan kawasan tempat beristirahat

Dibuka saat Mudik, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Masih GratisFoto hanya ilustrasi. Kendaraan yang membawa pekerja memasuki pintu gerbang tol Indrapuri di Aceh Besar, Aceh, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

PT Hutama Karya hingga kini masih mempersiapkan segala fasilitas dan pelayanannya agar dapat sesuai standar yang berlaku. Untuk Ruas Tol Sibanceh, pelayanan selama mudik dikatakan Diolana, disediakan pos siaga tempat beristirahat sementara di GT Blang Bintang.

“Pos siaga di Gerbang Blang Bintang sebagai rest area sementara bagi pengguna jalan tol,” ucap Kepala Seksi Operasi Ruas Tol Sigli-Banda Aceh.

Tidak hanya itu, tim tanggap juga disiagakan untuk bantuan penanganan kendala kendaraan atau penderekan yang dapat dihubungi melalui call center 0821-6434-6434.

Baca Juga: Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya