Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

Berikut ini daftar jalan tol yang dapat digunakan saat mudik

Langkat, IDN Times - Jalan Tol Binjai-Langsa seksi 2 Stabat-Tanjung Pura sepanjang 26,2 Km diperkirakan akan dioperasikan akhir tahun ini. Meski demikian, seksi 2 Stabat-Tanjung Pura sudah bisa beroperasi secara fungsional sepanjang 7,2 Km pada mudik lebaran Idul Fitri 2023.

"Jalan tol seksi Stabat-Tanjung Pura sepanjang 7,2 Km masih fungsional. Nanti akan digratiskan, karena memang belum selesai 100 persen," kata Pimpinan Proyek Hutama Karya (HK) Hestu Budi.

1. Mudik ini ada 12 ruas jalan tol baru sepanjang 217,2 km dioperasikan secara fungsional

Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik LebaranIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Mengutip Buku Saku PT Jasa Marga (Persero) Tbk Edisi 2-2022, jalan tol fungsional merupakan jalur darurat yang bisa dibuka secara sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas. Pembukaannya dilakukan saat waktu tertentu dengan melihat kondisi dan pelaksanaan konstruksinya di lapangan.

Jalan sepanjang 7,2 km yang dimaksud, jelas Hestu, adalah jalan dari Stabat dan hanya sampai Kelurahan Kwala Bingai saja atau di Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Sementara itu, pemerintah memastikan bakal ada tambahan 12 ruas tol baru sepanjang 217,2 km yang beroperasi fungsional untuk mudik lebaran tahun ini. Dengan demikian, penggunaan tol tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Dua diantaranya ada di Sumatra Utara (Sumut).

Baca Juga: Indahnya Masjid Raya Kejuruan Selesai Langkat yang Berusia 117 Tahun

2. Jumlah jalan tol yang difungsikan secara fungsional naik dua kali lipat

Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik LebaranBranch Manager Tol Binjai-Stabat Hery Prasetyo, saat memberikan keterangan pengoprasian jalan Tol Binjai Stabat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan, jumlah tol yang beroperasi secara fungsional mengalami kenaikan dua kali lipat dari rencana sebelumnya dengan hanya 120 km.

Dikatakan dia, pihaknya juga sudah mengajukan daftar ruas tol yang beroperasi secara fungsional ini kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

"Kita berharap pengerjaan dan pengoperasian jalan tol ini akan dapat segera dilakukan," harap dia.

3. Berikut ini jumlah ruas jalan tol yang dapat digunakan secara fungaional

Tol Stabat-Tanjung Pura Bisa Dioperasikan untuk Mudik LebaranJokowi resmikan tol pertama di Aceh pada Selasa (25/8/2020). Jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 adalah jalan yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Adapun 12 ruas tol baru di Indonesia yang nantinya akan dioperasikan fungsional guna mendukung lancarnya arus lalu lintas pada saat mudik lebaran tahun ini yakni :

1. Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Kuala Tanjung - Pematangsiantar 96.5 Km dan Seksi Dolok Merawan Sinaksak 20,40 Km.

2. Stabat - Tanjung Pura sebagian seksi 2 sepanjang 7,2 Km

3. Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang - Baitussalam 13,2 Km

4. Cinere Jagorawi Seksi 3B: Krukut - Limo 2,2 Km.

5. Serpong - Cinere Seksi 2: Pamulang - Cinere 3,6 Km

6. Cibitung-Cilincing Seksi 4: Taruma Jaya - Cilincing 7,3 Km

7. Cileunyi-Sumedang- Dawuan Seksi Cimalaka - Dawuan 28,2 Km

8. Ciawi - Sukabumi Seksi 2: Cigombong - Cibadak 11,9 Km

9. Cimanggis - Cibitung Seksi 2A: jatikarya - Cikeas 3,5 Km

10. Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A: Probolinggo Timur - IC Gending 8,6 Km

11.Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3: Kutanegara - Sadang 8.5 Km

12. Solo-Yogyakarta Sebagian Seksi 1.1 6.1 Km.

Baca Juga: Awal 2023, Jalan Tol Stabat Sampai Tanjung Pura Diprediksi Beroperasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya