BOR di Sumut Tinggi, Masyarakat Kesulitan Cari RS untuk COVID-19

Gubernur Edy imbau masyarakat hubungi Satgas untuk cari RS

Medan, IDN Times – Persentase Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur isolasi di Sumatra Utara masih tinggi. Angka ini juga berbanding lurus dengan peningkatan kasus yang kian masif di Sumut hingga saat ini.

Saat ini, BOR di Sumut sudah berada di angka 70 hingga 73 persen. Pemprov Sumut tengah melakukan evaluasi penanganan kasus COVID-19 di Sumut. Salah satu kendala yang terjadi adalah, tidak sedikit masyarakat yang kesulitan mengakses rumah sakit karena penuh.

1. Masyarakat bisa menghubungi Satgas COVID-19 untuk mencari rumah sakit kosong

BOR di Sumut Tinggi, Masyarakat Kesulitan Cari RS untuk COVID-19Ilustrasi petugas medis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga membenarkan kondisi itu. Masyarakat kesulitan untuk mencari rumah sakit. Dia menyarankan supaya masyarakat menghubungi Satgas COVID-19 untuk menanyakan rumah sakit yang tersedia untuk pasien COVID-19.

“Satgas inilah sebagai pengendali. Jadi (pasien) tidak menghubungi rumah sakit. Satgas yang menghubungi rumah sakit yang masih kosong. Di mana ICU nya yang masih kosong. Jangan mutar-mutar dia mencari. Akhirnya meninggal dia di jalan,” kata Edy, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Wali Kota Bobby: Rumah Sakit Tak Perlu Tambah Tenda Pasien COVID-19 

2. Laman Siranap bisa jadi rujukan masyarakat untuk mencari ketersediaan rumah sakit

BOR di Sumut Tinggi, Masyarakat Kesulitan Cari RS untuk COVID-19Ilustrasi ruang isolasi. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara itu, selain dari Satgas COVID-19, soal ketersediaan RS juga bisa diakses melalui laman Sistem Rawat Inap (Siranap) yankes.kemkes.go.id.

Di laman itu, dipaparkan kondisi keterisian rumah sakit bisa dilihat secara real time. Bahkan termasuk ketersediaan ICU.

3. Kasus COVID-19 di Sumut masih tinggi

BOR di Sumut Tinggi, Masyarakat Kesulitan Cari RS untuk COVID-19Ilustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Sementara itu, kasus COVID-19 di Sumut tercatat masih tinggi. Per 13 Agustus 2021, ada 78.707 kasus terakumulasi di Sumut. Akumulasi ini terjadi setelah penambahan 1.284 kasus per hari.

Jumlah pasien sembuh bertambah di hari itu adalah 1.252 orang. Akumulasinya sudah mencapai 49.797 orang.

Sementara, kasus kematian menempati puncak rekor pertamanya. Tercatat, ada 40 kasus kematian pada tanggal tersebut. Angka ini membuat, kasus kematian di Sumut mencapai 1.847 orang.

Baca Juga: BOR Pinere di Sejumlah Rumah Sakit di Aceh Telah Diisi 50-100 Persen

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya