Comscore Tracker

Tempat Makan yang Wajib Kamu Singgahi Jika Ke Tapanuli Selatan

Hollat adalah makanan khas Tapanuli Selatan yang populer

Tapanuli Selatan, IDN Times - Tapanuli selatan memiliki keberagaman dari sektor wisata budaya maupun alamnya. Kabupaten ini masih berada di Provinsi Sumatera Utara.

Selain budaya dan alamnya, kuliner dari Tapanuli Selatan sangat beraneka ragam. Kini, di Tapanuli Selatan telah menjamur tempat-tempat makan. Tentunya hal ini sangat baik untuk menunjang kemajuan sektor di bidang pariwisata kulinernya.

Berikut inilah beberapa tempat makan yang wajib dikunjungi jika berada di Tapanuli Selatan. Simak yuk!

Baca Juga: Traveling ke Tapanuli Tengah, 4 Pulau Ini Wajib Kamu Kunjungi

1. Rumah Makan Porang 4

Tempat Makan yang Wajib Kamu Singgahi Jika Ke Tapanuli SelatanInstagram.com/dinajuniatri

Rumah Makan yang terletak di Pasar Lama Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Menu utama yang menjadi andalan tempat makan di Tapanuli Selatan yang wajib dikunjungi ini adalah menu masakan ikan mas. 

Tidak hanya itu, menu lainnya seperti rendang belut dan gulai telur pun tak kalah nikmat dari menu utama yang ditawarkan. Banyak dari para pengunjung yang puas dengan menu masakan ikan mas dari tempat ini. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk para pecinta menu masakan dari ikan mas.

2. Rumah Makan Siang Malam

Tempat Makan yang Wajib Kamu Singgahi Jika Ke Tapanuli Selataninstagram.com/mr.thamciak

Rumah makan yang menyediakan berbagai pilihan menu makanan khas Tapanuli Selatan ini berada di Jl. Tarutung-Padang Sidempuan No.19, Kabupaten Tapanuli Selatan. Beberapa menu makanan yang dapat dipesan di antaranya adalah sup sumsum, holat, ayam kampung gulai, sup daging sapi, dan masih banyak lainnya.

Selain menyediakan makanan saji, para pengunjung bisa membeli oleh-oleh di rumah makan ini, banyak macam buah tangan yang bisa pengunjung beli ketika ingin pulang dari tempat ini, salah satunya oleh-oleh yang khas disini adalah dodol Sipirok. 

3. Rumah Makan Ikan Bakar Sinyarnyar

Tempat Makan yang Wajib Kamu Singgahi Jika Ke Tapanuli Selataninstagram.com/lisasaidbun

Rumah Makan satu ini menawarkan hidangan-hidangan makanan yang lengkap dan buka setiap hari. Tempat Makan ini memiliki menu andalan, yaitu ikan bakar holat, telur dadar, ikan goreng sambal sinyarnyar, dan ikan bakar dengan sambal sinyarnyar. 

Rumah Makan Ikan Bakar Sinyarnyar sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena dapat menciptakan suasana hangat dalam kebersamaan.Tak hanya itu, di sini juga memberikan tempat parkir yang cukup luas. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Tarutung Desa Purbatua, Bagas Nagodang, Tapanuli Selatan.

4. Makanan khas Tapanuli Selatan yang wajib dicoba

Tempat Makan yang Wajib Kamu Singgahi Jika Ke Tapanuli Selataninstagram.com/hellensalim

Selain memiliki tempat makan yang wajib dikunjungi di Tapanuli Selatan. Tapanuli Selatan juga memiliki beberapa kuliner wajib dicoba deh. Berikut adalah daftar kuliner yang bisa jadi pilihan kamu saat berkunjung ke daerah ini ya!

1. Hollat

Hollat adalah makanan khas Tapanuli Selatan yang terbuat dari ikan mas, yang diberi kuah parutan kulit kayu balakka dan beras tumbuk.

2. Pakkat

Pakkat yaitu makanan khas dari daerah Tapanuli Selatan. Makanan ini diolah dengan cara dibakar, dan setelahnya dikupas, dicampur dengan sambal merah. Tetapi ada juga yang mengolah pakkat dengan cara direbus. 

3. Daging Bakar Sambal Asam

Daging bakar sambal asam memiliki potongan daging yang kecil, daging yang digunakan berupa daging kerbau atau sapi, yang disajikan bersama sambal asam, dan cincangan bawang merah halus.

4. Lappet 

Lappet ialah jajan tradisional khas Tapanuli Selatan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah, lalu dikukus yang sebelumnya dibalut terlebih dahulu dengan daun pisang. Namun, olahan makanan ini ada juga yang terdapat di daerah lain. 

Nah itulah daftar tempat makan di Tapanuli Selatan yang wajib dikunjungi sebab tempat-tempat makan tersebut memberikan makanan khas yang enak dan pilihan yang cukup beragam lho!

Baca Juga: Mengenal Wanda, Doktor Orangutan Tapanuli Pertama di Indonesia 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya