Temani Istri Dirawat di Makkah, Jemaah Haji Labusel Ini Batal Pulang 

Seorang jemaah haji dari Sidimpuan juga masih dirawat

Medan, IDN Times- Sebanyak 1.565 jemaah haji debarkasi Medan telah tiba di Tanah Air, sekira 58,72 persen dari total 3.798 orang termasuk petugas haji. 

Koordinator Humas PPIH Debarkasi Medan, Yunus, mengatakan sebanyak 392 jemaah haji asal Medan yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) 4 tiba di Bandara Kualanamu dan dilepas di Asrama Haji Medan.

"Hari ini sudah tiba jemaah pada kloter empat. Total jemaah yang tiba di Tanah air sebanyak 1.565 jemaah," kata Yunus, Selasa (26/7/2022).

Namun ada beberapa jemaah yang tertunda kepulangannya. Salah satunya karena sakit.

1. Sebelumnya, sebanyak 389 jemaah yang tergabung dalam kloter 3 telah tiba

Temani Istri Dirawat di Makkah, Jemaah Haji Labusel Ini Batal Pulang Ilustrasi (IDN Times/Umi Kalsum)

Dikatakan Yunus, sebelumnya untuk kloter 3, sebanyak 389 jemaah telah tiba, termasuk petugas yang berasal dari Kabupaten Batubara 130 orang, Kabupaten Simalungun 63 orang dan Kabupaten Padang Sidempuan 189 orang. 

"Satu orang jemaah dari kloter 3 ditunda kepulangannya atas nama Balyan Kadir Nasution (58) asal Kota Padangsidimpuan karena sakit dan dirawat di RS Kings Faisal," ujarnya.

Baca Juga: 393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sumut, Ini Kata Edy

2. Pada kloter 2, ada dua jemaah yang ditunda keberangkatannya

Temani Istri Dirawat di Makkah, Jemaah Haji Labusel Ini Batal Pulang Ilustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Yunus menyebutkan, untuk kloter 2, ada dua jemaah yang juga ditunda keberangkatannya. "Jemaah Asal Labuhanbatu Selatan (Labusel), Supandi Kalam Kawa Bin Kalam Kawa yang mendampingi istrinya yang sakit, Sumarni Kosim Halomoan binti Kosim Ritonga yang saat ini dirawat di KKHI Makkah," tuturnya.

3. Sebanyak 393 jemaah pada kloter satu telah tiba di Sumut

Temani Istri Dirawat di Makkah, Jemaah Haji Labusel Ini Batal Pulang IDN Times/Masdalena Napitupulu

Sebelumnya, jemaah haji asal Sumatra Utara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 tiba di Bandara Kualanamu, Sabtu (23/7/2022). 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Wilayah Sumatra Utara yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Amri Siregar, mengatakan para jemaah haji yang tergabung dalam kloter pertama itu berjumlah 393 orang.

Baca Juga: 3 Jemaah Haji asal Sumut Meninggal, Dimakamkan di Makkah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya