393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sumut, Ini Kata Edy

Edy: Alhamdulillah tiba dengan selamat

Medan, IDN Times- Jemaah haji asal Sumatra Utara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 tiba di Bandara Kualanamu Medan, Sabtu (23/7/2022). 

Kepala Kanwil Kementerian Agama Wilayah Sumatra Utara yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Amri Siregar, mengatakan para jemaah haji yang tergabung dalam kloter pertama itu berjumlah 393 orang.

Para jemaah itu menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 3201. Selanjutnya, para jemaah akan diantar menuju ke Asrama Haji Medan. 

“Alhamdulillah pesawat Garuda Indonesia yang mengantar jemaah haji kloter 1 tiba dengan selamat,” kata Amri, Sabtu (23/7/2022) 

1. Ingatkan PPIH untuk melakukan pelayanan yang maksimal

393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sumut, Ini Kata EdyIlustrasi jemaah haji (29/6/2019). ANTARA FOTO/Rahmad

Dikatakan Amri, PPIH telah melayani jemaah dengan maksimal saat keberangkatan. Untuk itu, ia juga mengingatkan agar melakukan pelayanan yang sama saat pemulangan jemaah. 

“Kita telah menyelesaikan pemberangkatan dengan baik. Untuk itu saya meminta kepada seluruh PPIH untuk tetap memberi pelayanan maksimal saat pemulangan mulai dari kloter satu sampai nanti kloter sepuluh. Layani jemaah sepenuh hati karena kita telah dipercaya jemaah untuk melaksanakan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kloter Pertama Haji Debarkasi Medan Tiba 23 Juli 2022 

2. Beri doa untuk para jemaah menjadi haji mabrur dan mambruroh

393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sumut, Ini Kata EdySuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Amri menambahkan, dengan apa yang telah dilakukan selama ibadah haji agar dapat menjadi keberkahan bagi para jemaah dan menjadi haji yang mabrur. 

“InsyaAllah kita saling mendoakan. Semoga jemaah sehat sampai ke rumah masing-masing dan seluruh amalan yang telah dilaksanakan selama di tanah suci diterima Allah sehingga menjadi haji yang mabrur mabruroh,” harapnya.

3. Edy juga menyampaikan pesan kepada jemaah haji

393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sumut, Ini Kata EdyIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi berharap agar para jemaah yang tiba di Medan ini diberi kesehatan hingga dapat segera bertemu dengan keluarga masing-masing. 

“Saya yakin kalau saat ini jemaah sudah rindu pulang ke rumah, rindu keluarga, rindu sanak saudara. Untuk itu, kita berdoa agar jemaah diberi kesehatan, diberi keberkahan dan yang paling penting InsyaAllah Mabrur,” ungkapnya.

Jemaah Kloter 1 yang tiba hari ini berasal dari Mandailing Natal berjumlah 258 orang, Kabupaten Tapanuli Tengah 46 orang, Medan 76 orang dan Serdang Bedagai 5 orang. Kemudian ditambah dua jemaah haji mutasi. 

Baca Juga: Gagal Jantung, Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya