PPI Dunia, Gubernur Edy Ajak Millennial Promosi Wisata Sumut di Medsos

Edy pertimbangkan buka kembali wisata 

Medan, IDN Times - Edy Rahmayadi, Gubernur Sumut, berkesempatan menjadi narasumber sarasehan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2021 melalui virtual, di Rumah Dinas Gubernur, Minggu (30/5).

Dengan tema Generasi Milenial Technopreneurship dan Menggali Potensi Pariwisata di Indonesia, Edy mengajak generasi millennial untuk terus mempromosikan pariwisata Sumatera Utara (Sumut), meski saat ini pariwisata sedang stagnan akibat pandemik COVID-19.

Tak hanya itu, Pradana Indra Putra, Staf Khusus Bidang Entrepreneurship Pariwisata Kemenkraf RI juga memaparkan kondisi UMKM saat ini. Ia mengatakan sampai saat ini UMKM di Indonesia hanya 13 persen yang menyentuh digitalisasi dalam memperkenal produknya. Dari data Bank Indonesia (BI) menyebutkan 87,5 persen UMKM terdampak COVID-19.

1. Pradana: Akibat pandemik COVID-19 ini seluruh sektor pariwisata terdampak

PPI Dunia, Gubernur Edy Ajak Millennial Promosi Wisata Sumut di MedsosPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kata Pradana, akibat pandemik COVID-19 ini seluruh sektor pariwisata terdampak. Begitu juga sektor konstruksi -17,9 persen dan perdagangan -3,2 persen. Namun sektor UMKM lainnya ada yang mengalami peningkatan di antaranya, pertanian +16.7 persen, pengolahan +1,5 persen, dan real estate +13 persen.

"Susahnya pariwisata ini memang karena regulasi yang harus dilaksanakan seperti PSBB yang terjadi. Regulasi memang melarang adanya perkumpulan dan sebagainya. Makanya digitalisasi bagi UMKM sangat penting, namun hanya 13 persen saja yang menggunakannya," ujarnya.

Pradana berharap, dalam situasi pandemi ini, generasi muda untuk dapat membuka peluang usaha untuk membantu pemerintah meningkatkan ekonomi. "Harapan kita usaha ini dapat berkembang menjadi industri, dan pemerintah saat ini berusaha pengusaha mikro ini dapat naik kelas," tambahnya.

Baca Juga: Salat Gerhana Bulan di Rumahnya, Ini Doa Gubernur Edy Rahmayadi

2. Berharap generasi milenial dapat menggunakan medsos mereka untuk mempromosikan wisata

PPI Dunia, Gubernur Edy Ajak Millennial Promosi Wisata Sumut di MedsosEdy

Edy berharap, para anggota PPI sebagai generasi millennial dapat berkontribusi untuk menggali dan memajukan potensi wisata di Indonesia. "Dengan menjadi influencer yang aktif mempromosikan wisata di Indonesia, termasuk Danau Toba melalui media sosial. Ikut menggiatkan UMKM melalui platform digital, serta aktif dalam kegiatan pariwisata melalui online," ujar Edy.

"Kita berharap generasi millennial dapat menggunakan medsos mereka untuk mempromosikan wisata kita. Saat ini Instagram dan YouTube sebagai platform digital yang banyak digunakan," sambungnya.

3. Saat ini Pemerintah Provinsi Sumut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah masih mengkaji untuk membuka kembali pariwisata Danau Toba

PPI Dunia, Gubernur Edy Ajak Millennial Promosi Wisata Sumut di MedsosEdy Rahmayadi

Edy menyampaikan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) masih mengkaji dan menunggu langka untuk membuka kembali pariwisata Danau Toba, di masa pandemik COVID-19. 

Selain itu, Forkopimda juga masih melakukan edukasi mengenai COVID-19 pada masyarakat, memberikan stimulus pada UMKM, selanjutnya melakukan pembenahan dan pemeliharaan untuk mengembalikan penghijauan di Danau Toba

"Sembari menunggu langkah selanjutanya yang akan kita lakukan untuk membuka kembali pariwisata di Sumut," ucap Edy.

Baca Juga: 142 Kali Gempa Guncang Danau Toba Selama Januari hingga Mei 2021

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya