Lepas Kontingen Sumut Menuju Peparnas XVI Papua, Ini Pesan Gubernur

Sumut berkekuatan 66 atlet ikuti 9 cabor olahraga

Medan, IDN Times- Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi berharap para atlet Sumut bisa meraih prestasi di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI/2021 di Papua yang dimulai 2 hingga 15 November mendatang. Hal itu dikatakan Edy saat melepas kontingan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (28/10/2021).

Sumut berkekuatan total 120 orang terdiri 66 atlet, 24 pelatih, dan 30 ofisial. Sumut akan berpartisipasi pada sembilan cabang olahraga yakni atletik, tenis meja, catur, angkat berat, bulu tangkis, judo, tenis lapangan, panahan dan menembak.

1. Edy targetkan para atlet meraih 40 medali emas

Lepas Kontingen Sumut Menuju Peparnas XVI Papua, Ini Pesan GubernurIstimewa/IDN Times

Edy berpesan agar para atlet bisa melewati target emas yang diberikan pada Peparnas XVI. Pada Peparnas sebelumnya Sumut meraih peringkat tiga dengan 38 medali emas dan kali ini targetnya meraih 40 medali emas.

"Kita pasti bisa, tidak ada yang tak bisa, yang penting kita jujur dan ikhlas. Apapun kondisi kalian saya mau kalian berjuang sampai titik darah penghabisan demi nama Sumut. Kalian kompak sama - sama kalian disitu. Haram hukumnya kalian menyerah. Kalian berangkat untuk menang," pesan Edy kepada atlet dan official, Kamis (28/10/2021).

Edy juga mengatakan, meski dengan keterbatasan fisik yang dimiliki atlet, bukan menjadi alasan tidak mampu berprestasi seperti atlet non difabel. Keterbatasan ini justru bisa menjadi kelebihan untuk meraih juara. "Saya lihat wajah kalian berseri - seri untuk membesarkan nama Sumut yang kita cintai ini. Kalau gak kalian siapa lagi? Gak mungkin kita pinjam dari provinsi lain. Inilah yg saya berharap kepada kalian semua," kata Edy.

Baca Juga: Sumut Finish di Peringkat 13 Klasemen PON XX, Terburuk Sejak 2004

2. Edy sebut rencana membangun tempat pusat latihan khusus pernapasan dan jantung untuk para atlet

Lepas Kontingen Sumut Menuju Peparnas XVI Papua, Ini Pesan GubernurIstimewa/IDN Times

Sementara itu Kadispora Sumut yang juga Ketua kontingen Peparnas, Ardan Noor Hasibuan mengatakan, seluruh atlet siap bertanding dan mempersembahkan medali. Selama menjalani pelatda, penambahan intensitas latihan juga ditambah. Ardan juga menjamin atlet tetap menerapkan prokes selama latihan hingga sampai kedatangan di Papua. 

"Kita harus latihan lebih keras lagi. Kita akan evaluasi, tidak hanya alat tapi juga manajemen. Kita sudah persiapan maksimal," ujarnya. 

3. Penambahan jumlah atlet yang berangkat diharapkan meraih medali emas

Lepas Kontingen Sumut Menuju Peparnas XVI Papua, Ini Pesan GubernurIstimewa/IDN Times

Sementara ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan sebagai persiapan menuju Peparnas, para atlet sudah menjalani pelatda penuh selama hampir dua bulan di daerah, meski dengan prokes yang ketat. Alan berharap dengan persiapan maksimal target 40 medali emas bisa diwujudkan.

Pada Peparnas 2016 di Jawa Barat, kontingen Sumut berada di peringkat tiga besar dengan 38 emas, 38 perak, dan 20 perunggu. 

"Kita sudah menjalani pelatda penuh selama dua bulan di daerah. Jika tahun 2016 kita berada di posisi tiga besar, maka tahun ini kita berusaha pertahankan posisi itu dan targetkan 40 medali emas," ucap Alan. 

Alan mengatakan, sejumlah cabor yang potensi persembahkan medali emas diantaranya atletik, angkat berat, catur, dan judo. "Kita tahu cabor lain juga punya kans medali. Makanya, kita jaga tidak hanya persiapan mental dan spirit bertanding mereka, tetapi juga menjaga kesehatan dengan baik untuk mencegah covid -19," kata Alan.  

Baca Juga: Gubernur Edy Dorong UKM di Sumut Berorientasi ke Ekspor

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya