Warga Masih Hidup Didata Meninggal di Madina, Ini Kata Gubernur

Sebelumnya dari data 71 meninggal karena COVID-19

Medan, IDN Times - Kabupaten Mandailing Natal (Madina) masuk dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Dari data ada 71 warga meninggal akibat COVID-19.

Menyikapi itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan pengecekan. Dari data 71 meninggal itu, ternyata banyak yang tak meninggal atau masih hidup.

"Datanya 71 orang meninggal. Setelah saya cek nama-namanya, banyak yang tak meninggal di situ," tegas Edy, pada Rabu (8/9/2021).

1. Edy temukan petugas keliru input data

Warga Masih Hidup Didata Meninggal di Madina, Ini Kata GubernurGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Namun, Edy tidak terlalu merinci hasil temuan dan pengecekan yang dilakukannya itu. Mantan Pangkostrad ini juga mengatakan, ditetapkannya Mandailing Natal dalam PPKM level 4 karena ada kekeliruan petugas di Kabupaten tersebut dalam menginput data.

"Saya sudah cek, di Mandailing Natal itu salah input data. Di sana ternyata hanya ada empat orang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena COVID-19," kata Edy.

Baca Juga: COVID-19 di Sumut Diklaim Sudah Bisa Dikendalikan, Ini Penjelasannya

2. Edy utus Satgas COVID-19 Provinsi untuk turun langsung ke Kabupaten Madina

Warga Masih Hidup Didata Meninggal di Madina, Ini Kata GubernurGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri pemutaran film dokumenter sejarah Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman 41 Medan, Sabtu (12/12/2020) malam. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

Menindaklanjuti kejadian ini, Edy menegaskan telah mengutus Satgas COVID-19 Provinsi untuk turun langsung ke Kabupaten Mandailing Natal untuk melakukan verifikasi data COVID-19. "Hari ini berangkat Satgas ke sana, ini harus di evaluasi datanya," ujar Mantan Pangkostrad itu.

3. Sebelumnya Gubernur Sumut keluarkan Ingub pada wilayah Sibolga masuk dalam PPKM Level 4

Warga Masih Hidup Didata Meninggal di Madina, Ini Kata GubernurGubernur Sumut, Edy Rahmayadi melantik Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Sumut (screenshoot YouTube Info Sumut)

Sebelumnya, Gubernur Sumut mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) menindaklanjuti Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 40 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4 Corona Virus Disase 2021 di Wwlayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua.

Inmendagri tersebut ditujukan kepada Gubernur Sumut dan 3 Bupati/Wali Kota yang daerahnya masuk dalam PPKM level 4 yakni Medan, Sibolga dan Mandailing Natal (Madina).

Baca Juga: 35 dari 39 Lapas di Sumut Melebihi Kapasitas, Ini Antisipasinya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya