Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika Medan

Ilham Abay: Jejak digital itu ngeri, kita gak tahu dampaknya

Medan, IDN Times - Kabar tak enak kembali lagi terdengar dari seorang komika kota Medan, RH yang juga pemilik akun YouTube Aleh Aleh khas Medan. Dia dilaporkan dengan kasus penghinaan terhadap lagu Aisyah Istri Rasulullah.

Hal itu mendapat tanggapan dari rekan sesama komika, Ilham Abay. Ia menilai bahwa Aleh masih perlu arahan dan waspada dengan sosial media pada postingannya.

Sebelumnya komika yang satu ini sebelumnya juga pernah dilaporkan atas penghinaan anak Belawan.

Dalam rekaman video yang berdurasi 30 detik, terlihat Aleh bersama dengan temannya menyanyikan Aisyah istri Rasulullah. Namun, yang membuat kaget saat Aleh tiba-tiba seperti kesurupan dan berdiri hanya memakai pakaian dalam.

1. Ilham Abay: Kalau manusia lagi salah apapun dilakukan pasti salah

Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika MedanWarga dan Ormas Islam saat mendatangi rumah Rahmat alias Aleh (Screenshot/istimewa)

Abay menuturkan bahwa di satu sisi Aleh yang sebelumnya bermasalah dengan adanya laporan saat stand up comedy tentang anak Belawan membawanya buruk hingga saat ini,sehingga penilaian orang terhadapnya sudah tidak baik.

“Kemungkinan besar kalau manusia lagi salah di mata orang ya apapun yang dilakukan pasti salah aja apalagi memicu kesalahan pasti disalahkan atau diributi,” jelasnya.

2. Bagi Ilham, video tersebut sudah pasti salah tapi itu merupakan media sosial pribadi

Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika MedanYoutuber Rahmat alias Aleh (kaos rilis) saat berpura-pura kesurupan saat video berlangsung (Screenshot/istimewa)

Video yang telah viral tersebut, diduga menghina istri nabi dengan lagu berjudul Aisyah istri Rasulullah dengan memamerkan aurat di sosial media. Bagi Ilham hal tersebut salah, namun salah benarnya merupakan sosial media pribadi Aleh.

“Kalau dari video tersebut ada orang yang nyanyi lagu Aisyah Istri Rasulullah terus ada orang yang memamerkan aurat disosmed tanpa harus diiringi lagu aisyah sudah pasti salah, cuma salah atau benarkan itu media sosialnya dia,” jelas komika yang pernah tampil di SUCA Indosiar itu.

Baca Juga: Diduga Hina Lagu Aisyah Istri Rasulullah, YouTuber Medan Dipolisikan

3. Jika tak suka postingannya, berhentikan akunnya dan block

Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika MedanIDN Times/ Instagram @ilhamabayy

Menurut Ilham, sosial media merupakan hal yang pribadi. Dirinya menambahkan, jika tak menyukai postingan tersebut, maka cukup berhenti untuk mengikut akun sosial medianya.

“Aku ngelihat postingan orang dan salah, aku cukup blok atau stop mengikuti, kalau aku ya. Cuma ya kita tau lah sosmed sekarang udah gak seru lagi udah banyak orang terlalu meributkan atau mengurusi orang lain,” jawabnya.

4. Ilham Abay menjelaskan Aleh masih butuh banyak arahan

Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika MedanAleh saat tampil dalam kompetisi stand up comedy di Mega Park (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dalam penjelasannya, Aleh yang berusia di bawah 20 tahun ini masih membutuhkan banyak arahan, dan video yang dilakukan merupakan candaan.

“Umurnya di bawah 20 tahun, ya masih kental anak-anaknya. Jadi masih butuh banyak arahan,” jelas pria berambut gondrong ini.

5. Pesannya, Hati-hati bermain sosial media

Viral Video Aleh Diduga Hina Lagu Aisyah, Ini Tanggapan Komika MedanIDN Times/ Instagram @ilhamabayy

Ia menjelaskan bahwa di sosial media tidak ada yang tahu siapa dan bagaimana penilaian orang terhadap yang kita posting, sehingga berhati-hati untuk bermain sosial media.

“Jejak digital itu ngeri dan kita gak tahu siapa yang ngelihat dan seperti apa impact dari postingan kita sendiri. Jadi pintar-pintarlah main sosmed atau dipikirin dulu, kalau emang punya jiwa yang dark ya gak usah di tampilkan ke publik karena pasti masalah jadinya,” jelasnya.

Baca Juga: Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan Norma

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya