Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan Norma

Warga Belawan tersinggung dengan isi stand up comedy

Medan, IDN Times - Sang juara kompetisi Stand Up Comedy Piala Plt Wali Kota Medan, RH alias Aleh (17) dilaporkan ke Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan karena dianggap melakukan ujaran kebencian terhadap masyarakat Belawan, Senin (9/3) kemarin. Itu karena cuplikan materi stand upnya yang beredar saat ikut lomba itu dianggap menghina warga kecamatan paling Utara Medan itu.

Pria dengan akun Youtube Aleh aleh khas Medan itu dilaporkan Forum Anak Belawan Bersatu (FABB), terkait postingan yang dimuatnya dalam kompetisi stand up comedy di Mega Park Senin (2/3) malam lalu, dinilai melecehkan masyarakat Belawan.

 "Untuk mewakili masyarakat Belawan, kami telah melaporkan postingan tersebut kepada pihak kepolisian dengan nomor LP/111/ III/ 2020 SPK Terpadu Polres Pelabuhan Belawan, tanggal 9 Maret 2020," ujar Dedy Ketua FABB.

1. Unggahan Youtube Aleh Aleh Khas Medan sebut Belawan daerah konflik

Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan NormaAleh salah satu peserta komedian yang mendapatkan juara 1 dalam kompetisi Stand Up Comedy (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Ketika mengikuti lomba acara Stand Up Comedy di Mega Park Medan, beberapa waktu lalu dalam postingan Youtube Aleh Aleh khas Medan itu menyebutkan dalam isi materi comedynya. "Coba kalau syuting film Dilan di Belawan, daerah konflik, mafia, semua ada di situ manusia pikiran xxx," ucap pria yang memiliki rambut kribo itu.

2. Hendri ajak selesaikan masalah secara kekeluargaan

Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan NormaHendri Duin Anggota DPRD kota Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sementara itu Hendri Duin Sembiring selaku anggota DPRD Kota Medan Komisi III yang turut hadir dalam kompetisi stand up comedy piala Plt Wali Kota Medan beberapa waktu lalu itu, menilai tindak dilaporkannya komika Aleh sampai ke ranah hukum sangat disayangkan.

"Anak itu masih muda jadi jangan dipermasalahkan kali, minta maaf aja suruh si Aleh buat pernyataan. Kita ajak kekeluargaan aja minta maaf, supaya efeknya itu mereka tidak lagi mengulangi nya," ujar Hendri. Selasa (10/3).

Baca Juga: Serunya Nobar Lyodra Ginting, Ada Kompetisi Stand Up Comedy

3. Komika harus perhatikan garis norma isi materi stand up comedy

Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan NormaAleh saat tampil dalam kompetisi stand up comedy di Mega Park (IDN Times/Yurika Febrianti)

Atas kejadian masalah ini Hendri berpesan kepada para komika agar lebih berhati hati dalam memperhatikan norma norma materi yang akan dibawakan dalam stand up comedy.

"Walaupun kemarin dibikin judul Yok Bikin Cantik Medan, Medan berkarakter, tapi dia (Aleh) masih terbawa gayanya sendiri kan. Memang kita sayangkan untuk ke depan nya para stand up comedy itu lebih membuat lagi suatu garis norma norma yang benar komedi komedi, tapi jangan menyangkut harga diri seseorang," pesan Hendri.

4. Hendri berharap stand up comedy tak mati suri

Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan NormaSalah satu peserta stand up comedy piala Plt Wali Kota Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Hendri berharap masalah isi materi Aleh  yang dinilai mengandung ujaran kebencian tidak diributkan lebih jauh.

"Kalau nanti kita jauh jauh lapor ke polisi enggak enak. Nanti para stand up comedy susah mencari inspirasi, intinya kita harap mereka tidak usah ribut-ributlah suruh damai aja lah, supaya tidak mati suri stand up comedy kedepannya," harap anggota fraksi PDIP Dapil 5 itu.

5. Aleh mengunggah video permohonan maaf

Aleh Dilapor ke Polisi, Materi Stand Up Comedy Harus Perhatikan NormaAleh komika Kota Medan (IDN Times/Yurika Febrianti)

Usai FABB melaporkan ke polisi, Aleh pria berambut kribo itu langsung mengunggah video  permintaan maaf di kanal Youtube Aleh Aleh khas Medan dengan judul Permohonan Maaf Aleh.

“Saya Aleh atas nama pemilik akun Aleh Aleh khas Medan, ingin meminta maaf yang sebesar besarnya kepada teman teman semua khususnya yang da di Belawan atas video stand up comdy saya yang ada di Youtube.“ ucap Aleh dalam unggahan akun Youtubenya.

Aleh mengatakan kejadian itu mutlak untuk menghibur para penonton tidak ada sama sekali menularkan ujaran kebencian.

“Betul bahwasanya itu saya mutlak salah walaupun itu hanya bertujuan menghibur dan melucu. Mohon untuk teman teman melapangkan dadanya untuk memaafkan Aleh dan tidak membesar besarkan masalah ini, karna jujur aleh taut dengan ancaman teman teman semua , karna Aleh masih butuh didikan bimbingan, Aleh berjanji tidak akan mengulangi kesalahan ini lagi. Masalah ini sudah cukup menjadi pelajaran  besar buat Aleh dan setelah ini aleh akan hapus video terkait yang menyingung teman teman semua melalui stand up comedy,” tutup Aleh.

Baca Juga: HUT ke-16 PFI Medan, Plt Wali Kota Medan Ikut Hunting Foto di Kesawan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya