Jubir Satgas COVID-19 Sumut Positif Tertular Corona

Saat ini Aris jalani isolasi mandiri

Medan, IDN Times – Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan bahwa, juru bicara satuan tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudhariansyah positif COVID-19.

“Dia terpapar COVID-19, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sekarang sedang isolasi mandiri di hotel di Kota Medan. Sekarang kondisinya baik dan tidak ada masalah,” jelasnya, pada Rabu (10/2/2021).

1. Alwi menilai Nakes orang yang rentan terpapar COVID-19 hingga menjadi hal wajar

Jubir Satgas COVID-19 Sumut Positif Tertular CoronaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dirinya juga menjelaskan bahwa, Tenaga Kesehatan (Nakes) merupakan orang yang sangat rentan terpapar COVID-19. Oleh karena itu, ia berharap penanganan pandemik COVID-19 harus dilakukan secara serius.

“Kami ini beresiko terpapar kerena itu bagian dari pekerjaan. Itulah tantangan di bidang ini," ungkapnya.

Baca Juga: 2.715 Nakes Daftar Vaksinasi COVID-19 Massal Perdana di Medan

2. Terhitung sudah setengah pegawai di Dinas Kesehatan yang positif COVID-19

Jubir Satgas COVID-19 Sumut Positif Tertular Coronailustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Menurutnya, hingga saat ini yang terpapar positif COVID-19 terhitung datanya sudah setengah. Sehingga baginya menjadi hal yang biasa.

“Sebenarnya yang terpapar di dinas kesehatan sudah lebih dari setengah. Makanya sudah biasa aja. Nanti setelah sehat, ya masuk lagi," tuturnya.

3. Alwi imbau perayaan Imlek di rumah saja

Jubir Satgas COVID-19 Sumut Positif Tertular CoronaPetugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama)

Alwi pun mengimbau kepada masyarakat untuk harus meyakinkan bahwa COVID-19 benar-benar masih ada. Saat ini, dari kasus terpapar positif COVID-19 semakin meningkat, menurutnya rentan pada momen-momen terkhusus.

“Makanya, sekarang ini menjelang tahun baru Imlek diharapkan perayaannya di rumah dulu. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan mengurangi mobilitas,” tutupnya.

Baca Juga: Pemerintah Menunggak 8 Bulan Insentif COVID-19, Nakes di Medan Demo

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya