Gawat! Wali Kota Bobby Temukan Obat Kedaluwarsa di SD Negeri Medan

Bobby juga temukan toilet kotor dan gak ada airnya

Medan, IDN Times - Selain menemukan adanya pungutan liar (pungli) bagi sejumlah orangtua di SD Negeri 060898 di Jalan Katamso Gang Balai Desa Kecamatan Medan Maimun, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga mendapati salah satu obat yang berada di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sudah kedaluwarsa karena telah melewati tanggal expired sehingga berbahaya bagi kesehatan anak-anak jika dikonsumsi.

Temuan ini diperoleh Bobby saat mengecek fasilitas yang dimiliki SD Negeri tersebut untuk mendukung proses belajar, terutama di tengah pandemik COVID-19. Selain tempat cuci tangan, Bobby juga memeriksa ruang UKS serta kondisi toilet didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra dan Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah.

1. Bobby temukan obat kedaluwarsa di ruang UKS

Gawat! Wali Kota Bobby Temukan Obat Kedaluwarsa di SD Negeri MedanWalikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat mengecek fasilitas di salah satu Sekolah Dasar Negeri Medan (Dok. Istimewa)

Ketika berada di ruang UKS, Bobby langsung mengecek perlengkapan obat-obatan yang ada. Di saat itulah ditemukan salah satu obat yang ada sudah melebihi batas kedaluwarsa. Ketika dipertanyakan, kepala sekolah menyangkal dan bersikukuh menyatakan obat tersebut baru.

“Kalau obat ini baru tidak mungkin sudah kedaluwarsa. Tolong diperhatikan Bu! Sebab akan berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Kebersihan ruang UKS ini juga diperhatikan. Saya minta ini agar dievaluasi betul-betul. Kalau bisa di UKS ini ditempel nomor Satgas COVID-19 Kecamatan dan Puskesmas. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan langsung dapat menghubungi nomor tersebut,” tegas Bobby.

Baca Juga: 19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi Anak

2. Bobby juga temukan toilet yang kotor dan ruang kelas yang berdebu

Gawat! Wali Kota Bobby Temukan Obat Kedaluwarsa di SD Negeri MedanWalikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat mengecek fasilitas di salah satu Sekolah Dasar Negeri Medan (Dok. Istimewa)

Selain melihat fasilitas UKS, Bobby juga mengecek kondisi toilet yang ada di SD Negeri 067092 yang berada di sebelah SD 060898. Di sekolah tersebut, Bobby menemukan toilet yang kotor. Bahkan air pun tidak ada dikarenakan aliran air bersih tidak berfungsi serta ruang kelas yang sangat berdebu dan kotor.

“Ini gimana toiletnya bisa kotor dan tidak ada airnya? Tolong diperhatikan ini, kasian anak-anaknya. Begitupun dengan ruang kelasnya,” katanya.

3. Pihak medis akui obat kedaluwarsa bisa sebabkan terjadi kerusakan dikarenakan organ tubuh anak-anak masih sangat rentan

Gawat! Wali Kota Bobby Temukan Obat Kedaluwarsa di SD Negeri MedanWalikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat mengecek fasilitas di salah satu Sekolah Dasar Negeri Medan (Dok. Istimewa)

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Bagian Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr dr Humairah Medina Liza Lubis  MKed (PA) Sp PA saat dihubungi menyesalkan adanya obat kedaluwarsa di sekolah.

Hal itu dapat berisiko dan cenderung akan mengalami fase degradasi yang menyebabkan khasiat obat akan mengalami kemunduran. Efektivitas obat untuk menyembuhkan penyakit tentu saja semakin berkurang dan kemungkinan sembuh juga sangat kecil. 

“Beberapa jenis obat berisiko ditumbuhi bakteri dan antibiotik dapat gagal mengobati infeksi,  bahkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius dan resistensi. Meskipun dari beberapa penelitian dikatakan bahwa obat-obatan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa masih memiliki potensi yang stabil untuk mengobati suatu penyakit, tetapi sebaiknya dihindarkan terutama pemberiannya pada anak-anak," jelas Humairah.

Menurut Humairah, organ-organ tubuh anak-anak  masih sangat rentan dan beresiko terjadi kerusakan.

"Sebaiknya cermati label yang tertera pada kemasan dan perhatikan kemasan yang rusak atau bermasalah. Segera kembalikan obat bila menemukan tanggal yang sudah kedaluwarsa,” pungkasnya.

Baca Juga: Orangtua Curhat Soal Pungli PIP di SD Negeri, Bobby akan Tindak Tegas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya