19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi Anak

19 sekolah itu kembali daring selama 2 pekan ke depan

Medan, IDN Times - Kasus COVID-19 meningkat termasuk di Kota Medan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pun diberlakukan.

Salah satu klasternya adalah di sekolah. Untuk itu Pemko Medan mengakui terus gencar melakukan vaksinasi guna percepatan terwujudnya herd immunity, khususnya pada anak usia 6-11 tahun.

1. Bobby: Ada 19 sekolah yang sudah terpapar COVID-19

19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Terkait hal tersebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengimbau orangtua untuk membawa anaknya vaksinasi agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

“Dampak vaksinasi ini cukup besar agar kita terhindar dari penyebaran. Apalagi saat ini COVID-19 sudah masuk ke sekolah-sekolah. Ada 19 sekolah yang sudah terpapar COVID-19, sehingga dilakukan pembelajaran jarak jauh selama dua minggu ke depan,” kata Bobby Nasution saat meninjau vaksinasi di beberapa sekolah dasar kota Medan, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga: Penyumbang COVID Terbesar di Medan Adalah Pelancong, Bobby: Perkuat 3T

2. Capaian vaksinasi anak dosis pertama mencapai 54,30 persen dan dosis kedua 11,36 persen

19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Lanjutnya, Pemko Medan akan terus meningkatkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun. Hingga 16 Februari, jelas Bobby, capaian vaksinasi anak dosis pertama sudah  mencapai 54,30 persen dan dosis kedua 11,36 persen.

“Hari ini pelaksanaan vaksinasi anak bervariasi, ada yang dosis satu dan dosis kedua. Penyebaran Covid kali ini sudah masuk ke anak anak dan mulai merambah ke sekolah. Oleh karenanya kami imbau kepada orangtua murid untuk mengajak anaknya vaksinasi. Sebab, vaksinasi ini dilakukan secara aman, baik dan tertib di sekolah masing-masing,” Bobby.

3. Akui Pemko Medan telah mendeteksi dengan melakukan tracing yang terpapar, mulai dari tempat tinggal maupun umurnya

19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Terkait penyebaran kasus COVID-19 di sekolah, Bobby menjelaskan bahwa Pemko Medan telah mendeteksinya dengan melakukan tracing siapa yang terpapar. Mulai dari tempat tinggal maupun umurnya. Begitu terdeteksi umurnya masuk ke anak sekolah, tegasnya, langsung di-tracing sekolahnya.

“Kita langsung jemput bola. Apakah itu langsung  menghubungi pihak sekolah untuk dilakukan tracing. Saat ini ada sekitar 19 sekolah yang ditutup sementara akibat penularan Covid-19. Dari 19 sekolah tersebut, sebagian anak-anak yang terpapar dan sebagian lagi jajaran pegawai sekolah," jelasnya.

Baca Juga: Medan Kembali PPKM Level 3, Dinas Kesehatan Gencar Tracing dan Testing

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya