Demo Hari Buruh, Ini Tuntutan Massa Akbar Sumut  

Massa aksi sempat dicegat oleh pihak kepolisian

Medan, IDN Times - Peringatan hari buruh (May Day) pada 1 Mei 2021 , ini tak sekedar peringatan. Kali ini Akbar (Akumulasi Kemarahan Buruh dan Rakyat) Sumut melakukan aksi demo di bundaran Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (1/5/2021).

Aksi demo yang dilakukan sekumpulan massa bernama AKBAR Sumut ini, sempat dicegat saat berada di depan Kantor Pos Medan lalu, bergeser ke bundaran Gatot Subroto.

1. Suasana demo ditutupi dengan mobil water canon hingga tak terlihat

Demo Hari Buruh, Ini Tuntutan Massa Akbar Sumut  Demo hari buruh di Medan, Sabtu (1/5/2021) (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sampai pada di lokasi, massa aksi demo ditutup oleh mobil Armored Water Canon (AWC) dan mobil keamanan dari pihak kepolisian sebanyak 3 unit mobil yang terparkir. Hingga massa aksi yang melakukan dan menyampaikan aspirasi tak terlihat.

Aksi demo yang dilakukan oleh Akbar Sumut, terkait dengan adanya krisis kesehatan yang berlangsung dalam satu tahun belakangan, mengingat para nasib buruh yang di PHK.

Terkait hal tersebut, menurut dari Akbar (Akumulasi Kemarahan Buruh dan Rakyat) Sumut UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja (Omnibus Law) sangat merugikan rakyat.

Dikarenakan UU Omnibus Law dampaknya sangat terasa, dalam upaya pendampingan bantuan hukum bagi para buruh. "Satu aksi lebih baik, daripada teori" teriak salah seorang peserta aksi.

Baca Juga: [BREAKING] May Day 2021, Demo Massa Akbar Sumut Diintimidasi Aparat

2. Ada 7 tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi

Demo Hari Buruh, Ini Tuntutan Massa Akbar Sumut  Demo Massa Akbar Sumut diadang Polisi dengan Water Cannon, Sabtu (1/5/2021) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Adapun tuntutan yang disampaikan oleh para massa aksi pada hari buruh, yakni hentikan kriminalisasi, dan tindakan represif terhadap gerakan rakyat, berikan kesejahteraan terhadap guru honorer, wujud aktualisasi dan transparansi pendanaan ekonomi.

Selain itu juga tuntutan untuk hentikan stigmatisasi dan diskriminasi terhadap identitas di dunia kerja, wujudkan demokrasi kampus, hentikan kekerasan seksual terhadap buruh perempuan dan dunia pendidikan dan hentikan kriminalisasi terhadap jurnalis.

3. Massa aksi hanya berjumlah sedikit tapi aparat keamanan lebih banyak

Demo Hari Buruh, Ini Tuntutan Massa Akbar Sumut  Demo hari buruh di Medan, Sabtu (1/5/2021) (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nanda Haikal, salah seorang pendemo. Aksi yang dilakukan AKBAR Sumut hanya memnyampaikan aspirasi yang selama ini terjadi pada buruh.

"Kita tetap konsisten, bahwasannya kita tetap aksi. Cuma kalau direpresif kita mohon. Jumlahnya kita juga gak setimpal kok," ujarnya.

Massa aksi yang melakukan aksi demo pada hari buruh ini tak berjumlah banyak. Massa lalu membubarkan diri.

Baca Juga: May Day 2021, Perbudakan Modern hingga THR Tuntutan Buruh di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya