357 Warga Terdampak Banjir, Kampung Sejahtera Bangun Dapur Umum

Selain hujan, diduga banjir kiriman dari hulu

Medan, IDN Times - Sejumlah titik di Kota Medan digenangi air hingga banjir dengan ketinggian 2,5 meter, akibat tak dapat menampung debit air dari curah hujan. Selain itu diduga kiriman air dari sungai hulu.

Pantauan IDN Times, salah satu daerah terdampak banjir parah adalah Kampung Sejahtera Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Senin (28/2/2022).

1. Camat dan warga sekitar tengah membangun dapur umum

357 Warga Terdampak Banjir, Kampung Sejahtera Bangun Dapur UmumSuasana banjir di Kampung Sejahtera (IDN Times/Indah Permata Sari)

Camat Petisah, Ansary Lubis mengatakan banjir yang terjadi sejak kemarin telah terjadi hujan satu harian dan tak henti, pada Minggu (27/2/2022). Terlihat, Kepala Lingkungan, Lurah, dan warga terlihat sedang dalam pembangunan dapur umum.

"Hari ini kita melakukan pemantauan banjir, dan pendampingan terhadap warga. Kita bangun dapur umum ataupun posko untuk warga yang terdampak banjir. Sama-sama kita tahu semalam (tadi malam) hujan satu harian. Berhenti cuma 5 menit dan hujan lagi. Bahkan ada banjir kiriman dari hulu (Sibolangit). Ternyata debit air yang cukup banyak tidak sanggup lagi ditampung oleh Sungai Babura," ucapnya.

Baca Juga: Kampung Aur Banjir Hingga 2,5 Meter, Warga Bertahan di Loteng Rumah 

2. Diduga banjir juga merupakan banjir kiriman sungai di hulu

357 Warga Terdampak Banjir, Kampung Sejahtera Bangun Dapur UmumSuasana banjir di Kampung Sejahtera (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dirinya mengatakan sejak tadi malam telah turun ke lokasi untuk memastikan warga, dan rumah warga. 

Menurutnya, sekitar pukul 01.00 WIB menjelang Subuh, debit air sungai naik, hingga masuk kerumah warga di bantaran sungai. Diduga banjir juga merupakan banjir kiriman dari sungai di hulu.

"Jam 9 hingga jam 11 malam tidak terlalu naik airnya. Lewat jam 1 menjelang Subuh kiriman banjir terasa sampai ke Kampung Sejahtera ini," tuturnya.

3. Terdata ada sekitar 357 jiwa terdampak banjir di Kampung Sejahtera

357 Warga Terdampak Banjir, Kampung Sejahtera Bangun Dapur UmumSuasana banjir di Kampung Sejahtera (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ansary menyampaikan, saat ini jiwa dan rumah yang terkena banjir di Kelurahan Petisah Tengah ini sebanyak 34 rumah dengan 158 jiwa, kemudian di lingkungan III ada 28 rumah dengan 102 jiwa dan yang ke 3 lingkungan 7 rumah 30 rumah dengan 110 jiwa. Jadi totalnya 357 jiwa yang terdata dan rumah 92 rumah yang terdata.

"Yang gak terdata disamping-samping itu belum. Mugkin sekitar 10 atau 20 persen lagi. Tapi begitu pun kita sudah berkolaborasi dengan Dinas Sosial untuk bantuan sembako bakalan datang dan juga basi bungkus," jelasnya.

Lurah Petisah Tengah,  menambahkan telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk masalah bantuan yang akan didapatkan dari warga 357 jiwa.

"Untuk sementara kita penanganannya ada dari Mandiri, Kecamatan, Kelurahan, itu sudah kita sampaikan dan sekarang udah mulai proses pembuatan dari sarapan pagi yang terkena banjir," jelasnya

"Untuk yang pernah kita alami tahun ini paling tinggi banjirnya. Sebelumnya hanya sampai semata kaki. Ini sudah mulai masuk rumah. Total kerugian masih belum bisa memperkirakan, yang jelas penangannan masyarakat dulu agar bisa makan dan tidak sakit akibat banjir ini. Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat, karena pak Wali Kota Medan, Bobby Nasution keliling, jadi untuk lingkungan ini, kami yang turun," pungkasnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Ini Sejumlah Titik Banjir Parah di Kota Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya