Hujan Deras, Ini Sejumlah Titik Banjir Parah di Kota Medan 

Air Sungai Deli juga meluap

Medan, IDN Times- Kota Medan direndam banjir karena hujan deras yang semalaman pada Minggu (27/2/2022) sore hingga Senin (28/2/2022) pagi. Sejumlah kawasan direndam air hingga pagi ini.

Pantauan IDN Times, sejumlah titik menjadi langganan banjir. Ditambah lagi dengan meluapnya Sungai Deli sehingga menyebabkan air makin tinggi.

1. Sejumlah titik banjir parah di Kota Medan

Hujan Deras, Ini Sejumlah Titik Banjir Parah di Kota Medan Salah satu kawasan Kota Medan terendam banjir (screenshot video/istimewa)

Sejak Minggu (28/2/2022) malam hingga pagi, terpantau kawasan Jalan Gatot Subroto depan Plaza Medan Fair air menggenangi hingga hampir 1 meter. Begitu juga kawasan belakang Carefour seperti kawasan Sekip. 

Selain itu juga daerah Brigjen Katamso daerah kampung Aur dan sekitarnya, Jalan Dr Mansyur, Jalan Bambu 2, Jalan Sutomo Ujung, Jalan Karya, kawasan Titi Papan Medan Deli, Simpang Dobi, Petisah, Kawasan Asia Mega Mas, Jalan Sisingamangajara.

Kemudian Jalan Bahagia By Pass, Jalan Garu 3, Jalan Teladan, Jalan Pelajar, Jalan HM Joni, Jalan Turi, Jalan AR Hakim, dan lainnya. Ketinggian air bervariasi 1 hingga 1,5 meter.

Banjir ini menyebabkan kemacetan karena jalan sangat sulit dilalui kendaraan. Selain itu terlihat para pengendara mendorong motornya karena kemasukan air. Tak terkecuali mobil.

Baca Juga: Benahi Bagan Deli, 3 Bulan Bobby akan Berkantor di Medan Bagian Utara

2. Kawasan parkiran mal hingga Kampung Aur juga terendam banjir

Hujan Deras, Ini Sejumlah Titik Banjir Parah di Kota Medan Suasana banjir di Kampung Aur kota Medan (Dok. Istimewa)

Beberapa kawasan menjadi 'langganan' banjir seperti Jalan Brigjen Katamso, wilayah Kampung Aur Medan. Bahkan air naik hingga ketinggian 2,5 meter.

Salah seorang warga mengatakan, banjir sejak mulai pukul 17.30 WIB dengan ketinggian 2,5 meter karena air sungai meluap. Warga naik ke loteng hingga ke atas jembatan.

Banjir juga melanda kawasan parkiran mal Centre Point. Air terlihat menggenangi parkiran sehingga motor-motor terendam.

3. Wali Kota Medan sebut permasalahan drainase

Hujan Deras, Ini Sejumlah Titik Banjir Parah di Kota Medan Bobby saat meninjau salah satu kawasan Kota Medan terendam banjir (instagram/bobbynst)

Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution terlihat meninjau sejumlah kawasan yang tergenang banjir pada Minggu (27/2/2022) malam. 

"Kota Medan kembali diguyur hujan deras malam ini sehingga mengakibatkan beberapa wilayah kota Medan dan ruas jalan tergenang air. Saat ini saya dan jajaran meninjau langsung mulai malam hingga dini hari ini, terlihat yang menyebabkan genangan air adalah sedimentasi tinggi dan kondisi sejumlah drainase yang masih kurang baik sehingga tidak dapat menampung banyak air," ujar Bobby.

Baca Juga: Kampung Aur Banjir Hingga 2,5 Meter, Warga Bertahan di Loteng Rumah 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya