Inisiatif Murid SIS Gelar Business Week untuk Bantu Pasien Kanker

Ajarkan untuk cintai produk Indonesia

Medan, IDN Times - Para murid Singapore Intercultural School (SIS) Medan menggelar Business Week, pada Jumat (6/10/2023).

Menariknya dari kegiatan ini dibanding sebelumnya adalah tujuan mereka untuk menggalakkan para UMKM, sebagai upaya agar murid-murid bisa lebih mencintai produk Indonesia.

“Acara ini sebenarnya sudah dari dulu saat SIS ini dibangun. Tapi terakhir 2017 dan sekarang untuk pertama kali setelah pandemik COVID-19. Nah, bedanya adalah kita ingin menggalakkan UMKM,” ucap Tabita sebagai tim kreatif.

Event ini digelar di SIS tepatnya berada di Kompleks Royal Sumatera, Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Ada sebanyak 38 tenan yang tersedia dalam bentuk makanan, minuman dan pakaian yang menarik dijual kepada para pengunjung.

Sebelumnya, acara seperti ini dilaksanakan oleh sekolah. Kali ini siswa langsung yang merencanakan dan mengimplementasikannya. Sasarannya juga seiring kurikulum nasional, profil pancasila, yaitu berwirausaha.

1. Setengah hasil penjualanan event ini akan diberikan pada pengidap kanker

Inisiatif Murid SIS Gelar Business Week untuk Bantu Pasien KankerMurid SIS menggelar Business Week untuk cintai produk Indonesia (IDN Times/Indah Permata Sari)

Lanjut Tabita, nantinya setengah dari hasil penjualanan UMKM ini akan diberikan kepada para pengidap kanker. Sebagai bentuk rasa kepedulian untuk saling berbagi.

“Sebanyak 50 persen nantinya akan kita dapat dari business week ini didonasikan ke institusi-institusi kesehatan untuk orang yang mengidap kanker,” ucapnya yang bercita-cita sebagai arsitek.

Murid lain, Rahel menggantungkan cita-citanya sebagai pengusaha yang juga merupakan tim finance dalam penyelenggara menjelaskan bahwa lewat event ini juga sekaligus menjadi upaya mereka sebagai bentuk pengabdian masyarakat pada tugas akhir disekolah.

Baca Juga: Hari UMKM, PT PNM Cabang Medan Gelar Pelatihan untuk 25 UMKM Terbaik

2. Diharapkan lebih banyak lagi yang peduli dengan aksi sosial seperti ini

Inisiatif Murid SIS Gelar Business Week untuk Bantu Pasien KankerMurid SIS menggelar Business Week untuk cintai produk Indonesia (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, ditambahkan Nailah yang bercita-cita sebagai dokter mengatakan bahwa alasan untuk menyalurkan bantuan kepada pengidap kanker adalah rasa kepedulian.

“Sering sekali melihat di media sosial, ada website untuk donasi membantu kanker. Nah, disitu motivasi saya untuk menyarankan ke teman-teman kalau 50 persen profit business week ini kita berikan ke institusi kesehatan untuk membantu orang-orang yang kurang mampu membiayai operasi dan lain-lain,” ungkap Nailah sebagai tim logistik.

Mereka berharap lewat acara ini lebih banyak lagi yang peduli dengan aksi sosial seperti ini guna bermanfaat bagi masyarakat.

Selain Tabita, Rahel, dan Nailah. Ada juga panitia Business Week Singapore International School 2023 yaitu Farell, Syarah, Kevin Bryan, Khaisar, dan Ahza.

3. Lewat event ini murid diajarkan untuk melatih skill hingga bersosial

Inisiatif Murid SIS Gelar Business Week untuk Bantu Pasien KankerMurid SIS menggelar Business Week untuk cintai produk Indonesia (IDN Times/Indah Permata Sari)

Wakil Kepala Sekolah Secondary, Ferny, didampingi Kepala Sekolah Bagian Nasional, Nani, mengapresiasi Business Week yang digelar dari siswanya.

Dikatakannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih siswa, bahwa belajar tidak hanya di dalam kelas tapi juga dapat mengimplementasi dari kelas ke dunia nyata, diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

"Ketiga siswa mengambil mata pelajaran ekonomi dan bisnis manajemen. Mereka aplikasikan dengan kegiatan seperti ini. Kegiatan ini pembelajaran yang bisa gunakan untuk skill mereka, hingga kepemimpinan, dan sosialisasi ke masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Final Kontes Siswa Regional Sumut 2024 Lahirkan Generasi Berprestasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya