15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRank

Cek juga akreditasinya di sini!

Medan, IDN Times - Ada sebanyak 24 kampus dari Sumatera Utara yang masuk dalam kategori perangkingan EduRank 2023. Sebanyak 15 di antaranya adalah swasta.

EduRank merupakan lembaga pemeringkatan internasional independen yang berpusat di Amerika Serikat. Kinerja perguruan tinggi secara global diukur melalui kualitas pengajaran, riset, dan citra universitas.

Lembaga ini memakai basis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks, membuat perangkingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan.

Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas 187.497 alumni.

Ada 13 academic field yang dilihat dalam pemeringkatan ini terdiri dari Art & Design, Biology, Business, Chemistry, Computer Science, Economics, Engineering, Environmental Science, Liberal Arts & Social Sciences, Mathematics, Medicine, Physics, dan Psychology.

Berikut IDN Times rangkum 15 universitas swasta di Sumut versi EduRank tahun 2023.

1. Universitas HKBP Nommensen

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankKampus Nomensen HKBP di Medan (Dok. Instagram @nomensenbemf)

Universitas HKBP Nonmensen ada di peringkat 88 di Indonesia Sedangkan untuk peringkat Asia ada di 2.387 kampus. Selain di Medan, universitas ini juga ada di Pematangsiantar.

Kampus Nommensen di Medan beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan yang terdiri dari 11 Fakultas dan 26 Prodi, dimana saat ini Universitas Nommensen sudah memperoleh akreditasi B.

2. Universitas Pembangunan Panca Budi

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankKampus Panca Budi Medan (Dok. Instagram @kelaskaryawan_unpab)

Universitas Pembangunan Panca Budi diperingkat 91 di Indonesia, untuk peringkat di Asia: 2.529 kampus.

Universitas Pembangunan Panca Budi (disingkat UNPAB) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Medan.

UNPAB terdiri dari 23 jurusan yang terdiri dari. 3 Fakultas dan sudah terakreditasi A.

3. Universitas Medan Area

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Medan Area (Dok. website kuliah karyawan murah.com)

Selanjutnya ada, Universitas Medan Area di peringkat 106 seluruh Indonesia. UMA begitu biasa disingkat. Sementara masuk peringkat 2.951 Asia..

Universitas Medan Area atau sering disingkat UMA adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatra Utara. Haji Agus Salim Siregar adalah pendiri Universitas Daerah Medan pada tahun 1983.

Seiring berjalannya waktu, Universitas Medan Area resmi mendapatkan akreditasi “B” secara institusi pada tahun 2018. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

4. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU)

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Dok. Instagram @fahumsu)

Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) berada diperingkat 122 di Indonesia dan di Asia menduduki peringkat 3.076. Kampus yang berada di beberapa lokasi di Kota Medan ini merupakan kampus milik persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri pada tanggal 27 Februari 1957 di kota Medan, Sumatra Utara.

UMSU memiliki 9 Program Studi yang sudah berakreditasi A. Pada tahun 2022 UMSU berhasil meraih predikat akreditasi unggul di Kota Medan, Sumut.

5. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Islam Sumatera Utara (Dok. Instagram @kemahasiswaan_uisu)

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) berhasil menduduki peringkat 161 di Indonesia dan di Asia 3.354. Universitas ini didirikan oleh lima tokoh pemuda muslim. UISU pertama kali membuka kelas pendahuluan Akademi Islam Indonesia, baru setahun kemudian menjadi universitas dengan membuka Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial.

UISU telah berhasil mempertahankan akreditasi institusi dengan peringkat B berdasarkan nomor peraturan lembaga akreditasi negara: 721/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VIII/2021 tentang peringkat akreditasi UISU.

6. Universitas Potensi Utama

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Potensi Utama (Dok. Facebook Universitas Potensi Utama)

Universitas Potensi Utama berada di peringkat 182 di Indonesia. Sementara di Asia peringkat 3.569

Pada tahun 2014 STMIK Potensi Utama berubah bentuk menjadi Universitas Potensi Utama berdasarkan izin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK nomor: 424/E/O/2014 dengan motto "Kami hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa".

Saat ini Universitas Potensi Utama memiliki 5 Fakultas yang terdiri dari 12 Program Studi, dengan perolehan Akreditasi Universitas yakni C.

7. Universitas Methodist Indonesia

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Methodist Indonesia (Dok. Instagram @universitasmethodistindonesia)

Universitas Methodist Indonesia menduduki peringkat 223 di Indonesia, dan di Asia peringkat ke 3.837.

Universitas Methodist Indonesia yang beralamat di Jalan Hang Tuah Medan ini, terdiri dari 14 program studi, saat ini UMI sudah terakreditasi B.

8. Universitas Darma Agung

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Darma Agung Medan (Dok. Instagram @lilis_sandi_gulo)

Universitas Darma Agung ada dperingkat 280 di Indonesia, dan di Asia menduduki peringkat 4.265

Universitas Darma Agung ini biasa dikenal dengan UDA dan sudah berdiri pada tahun 1959 dengan nomor SK PT 5711957 dan untuk tanggal SK PT 11 Desember 1957.

UDA beralamat di jalan Dr. Td Parade No 21 Kabupaten Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Indonesia, dengan akreditasi C (Baik).

Baca Juga: Komunitas Bank Sampah Sumut akan Dibentuk

9. Universitas Prima Indonesia

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Prima Indonesia (Dok. Instagram @hitsmahasiswasumut)

Universitas Prima Indonesia ada diperingkat 317 di Indonesia, dan di Asia ada di peringkat 4.504. Universitas Prima Indonesia (UNPRI) memiliki 4 lokasi kampus, yang terdiri dari 10 fakultas dan 42 prodi.

Saat ini UNPRI mengantongi akreditasi B (baik sekali) dari BAN-PT.

10. Universitas Dharmawangsa

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Darmawangsa Medan (Dok. website kelaskaryawan.org)

Universitas Darmawangsa ada di peringkat 329 di Indonesia, dan untuk peringkat di Asia 4.504 kampus. Universitas Dharmawangsa adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Sumatra Utara. Dharmawangsa berlokasi di Jalan K.L Yos Sudarso No. 224 Medan, Kota Medan.

Saat ini Universitas Darmawangsa sudah terakreditasi C (baik) yang terdiri dari 13 program studi.

11. Universitas Sari Mutiara Indonesia

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Sari Mutiara Indonesia (Dok. website Sari Mutiara Indonesia)

Universitas Sari Mutiara Indonesia ada diperingkat ke 349 di Indonesia, dan peringkat 4.707 di Asia. Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan Yayasan Sari Mutiara Medan (YSMM).

Telah terakreditasi B, Universitas Sari Mutiara terdiri dari 23 Program Studi, dengan jenjang S1.

12. Universitas Katholik Santo Thomas

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Katholik Santo Thomas (dok. ustmedan.blog.com)

Universitas Katholik Santo Thomas menduduki peringkat 366 di Indonesia dan  di Asia sebanyak 4.788 kampus. UNIKA terdiri dari 8 fakultas, dengan 18 program studi, dan kini sudah terakreditasi B (baik sekali).
Kampus ini berlokasi di Jalan Setia Budi No.479, Tanjungsari, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

13. Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Muslim Nusantara Medan (dok. nicelocal.id

Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah ada di peringkat 387 di Indonesia, dan peringkat 4.900 Asia. Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah berada di Jalan Garu II. Saat ini UNM saat ini terakreditasi B, yang terdiri dari 6 Fakultas.

14. Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (dok. Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)

Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia berada di peringkat 388 di Indonesia, dan 4.902 di Asia.

Universitas ini mulai didirikan sejak tahun 1979, gedung kampus UPMI berlokasi di Jalan Teladan No.15, Teladan Barat., Medan, Sumatera Utara dengan rektor H. Syahruddin Siregar yang menjabat sejak tahun 2006. Kampus ini terdiri dari 6 fakultas dan 10 program studi, UPMI sudah terakreditasi B.

15. Universitas Dian Nusantara

15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRankUniversitas Dian Nusantara (dok. website Universitas Dian Nusantara)

Universitas Dian Nusantara, berada di peringkat 393 di Indonesia, dan di Asia menduduki 4.931. Universitas Diam Nusantara beralamat di Jalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara. Terdiri dari 2 fakultas dan 8 program studi, saat ini UNDIRA Medan belum terakreditasi.

Baca Juga: Mengenal SMA Unggul Del, SMA Terbaik di Sumut Binaan Luhut Panjaitan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya