Gudang Perabotan di Siantar Terbakar, Damkar Sempat Sulit Padamkan Api

Api sempat padam namun kembali membara

Pematangsiantar, IDN Times- Kebakaran terjadi di gudang perabotan yang berada di Kompleks SBC, Jalan Sutomo, Kecamatan Siantar Timur. Bangunan berlantai 3 itu hangus pada Minggu (15/1/2023) sejak pukul 20.30 WIB.

Dari amatan di lokasi, 5 unit armada milik Pemko Siantar, 2 unit milik PT STTC dan 1 unit milik Pemkab Simalungun diterjunkan ke lokasi . 

Dari keterangan warga sekitar, usai gudang ditutup, tidak ada pekerja maupun pemilik yang tinggal di dalam. "Hanya sampai sore jelang malam hari ada aktivitas. Sebelum kejadian, gudang baru diisi stok perabotan rumah tangga," ungkap seorang warga di lokasi kejadian.

1. Akses jalan sempit dan kondisi bangunan tertutup rapat

Gudang Perabotan di Siantar Terbakar, Damkar Sempat Sulit Padamkan ApiLantai 2 bangunan ditutup rapat tembok sehingga menyulitkan proses pemadaman api (IDN Times/Gideon Aritonang)

Petugas pemadam kebakaran dibantu armada PT STTC berjibaku untuk memadamkan api. Akses lokasi yang sempit membuat mobil pemadam mengalami kesulitan masuk ke depan gedung ditambah ratusan warga yang memadati lokasi. 

"Kebetulan ruko ini tertutup, khusunya lantai 2 yang ditembok. Sementara lantai 3 ditutupi jerajak besi" kata Josua Sihaloho, Kabid Kebakaran dan Penyelamatan. 

Baca Juga: Jumlah Pemohon Paspor di Imigrasi Siantar Naik 1.411 Persen 

2. Butuh waktu hampir 4 jam padamkan api

Gudang Perabotan di Siantar Terbakar, Damkar Sempat Sulit Padamkan ApiKondisi akses jalan menuju gudang perabotan yang sempit (IDN Times/Gideon Aritonang)

Api baru bisa dikendalikan sekitar Pukul 23.20 WIB. Sebelumnya api sempat padam, namun kembali menyala saat puluhan petugas istirahat sejenak. 

Kobaran api muncul kembali dari lantai 3 gedung. Pintu yang ditutup rapat jerajak besi membuat air pemadam kebakaran sulit menjangkau ke dalam bangunan. 

3. Damkar serahkan penyelidikan ke Polisi

Gudang Perabotan di Siantar Terbakar, Damkar Sempat Sulit Padamkan ApiKabid Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Siantar Josua Sihaloho (IDN Times/Gideon Aritonang)

Josua Sihaloho memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Ia pun menyerahkan penyelidikan penyebab kebakaran kepada pihak kepolisian. 

"(Penyebab kebakaran) kita serahkan ke penyidik lah. Tapi informasi awal yang kita dapat itu karena korslet atau hubungan pendek arus listrik," tutupnya. 

Baca Juga: 8 Kuliner Populer Siantar, dari Badak hingga Roti Ketawa Sambo

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya