Cegah Penularan Virus Corona, Taman Hewan Siantar Tutup Sementara

Taman hewan akan rilis satwa baru setelah dibuka kembali

Pematangsiantar, IDN Times - Menyusul kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemko Siantar untuk mengurangi aktivitas di luar rumah berdampak pada Taman Hewan Pematang Siantar (THPS). Taman hewan atau yang sering disebut kebun binatang Rahmat Shah itu menutup sementara kunjungan untuk publik. 

Taman Hewan Pematang Siantar terletak di Jalan Gunung Simanuk-manuk, Kecamatan Siantar Barat. Kebun binatang itu memiliki sedikitnya 183 spesies binatang dengan total jumlah 715 ekor. Setiap harinya, taman hewan ini menjadi tempat edukasi pilihan bagi pelajar. 

1. Taman hewan kembali dibuka 31 Maret 2020

Cegah Penularan Virus Corona, Taman Hewan Siantar Tutup SementaraManager THPS Shanda Octavia (IDN Times/Gideon Aritonang)

Manajer Taman Hewan Pematang Siantar Shanda Octavia Prakasa menjelaskan, taman hewan ditutup sejak 19-31 Maret 2020. Hal itu dilakukan, sebagai bukti pihaknya juga turut mendukung pemerintah untuk pemberantasan virus corona. 

"Dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19, Siantar Zoo tutup sementara mulai 19-31 Maret 2020. Semoga masyarakat dapat memaklumi kebijakan ini," kata Shanda, Sabtu (21/3) di Taman Hewan Pematang Siantar.  

Lebih lanjut dikatakannya, mereka juga meliburkan sebagian karyawan untuk mengindari kerumunan di internal taman hewan. Sementara bagi karyawan yang masih bekerja, Shada mengaku telah mengimbau agar menjaga jarak dengan lainnya dan tetap menjaga kebersihan diri. 

"Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik," pungkasnya. 

Baca Juga: Lawan Virus Corona, Istana Maimun Disemprot Disinfektan

2. Memperbaiki sejumlah fasilitas umum saat libur

Cegah Penularan Virus Corona, Taman Hewan Siantar Tutup SementaraPenyemprotan disinfektan THPS (IDN Times/Dok. THPS)

Dalam proses kebijakan menutup akses bagi pengunjung itu, Shanda menjelaskan pihaknya sedang memperbaiki dan menambah beberapa fasilitas yang nantinya dapat digunakan pengunjung. 

Setiap titik yang menjadi lokasi kumpul pengunjung juga dilakukan penyemprotan disinfektan. "Setiap sore kami lakukan penyemprotan untuk mencegah adanya virus tersebut. Kandang kandang kami bersihakan dan pastinya hewan tetap kami rawat," terangnya.  

3. Taman hewan akan rilis Singa putih

Cegah Penularan Virus Corona, Taman Hewan Siantar Tutup SementaraSuasana THPS saat ditutup sementara (IDN Times/Gideon Aritonang)

Setiap harinya, sebelum virus corona menyerang manusia, Taman Hewan Pematang Siantar dengan luas lahan 4,5 hektare itu mampu menampung ribuan pengunjung. Puncak keramaian biasanya pada akhir pekan atau hari libur. 

"Kalau hari Senin sampai Jumat pengunjung disekitar 100 sampai 300 orang. Untuk di weekend itu di hari Sabtu sekitar 1.000 orang dan untuk di hari Minggu itu 2.500 sampai 3.000 orang," jelasnya. 

Usai kebijakan penutupan sementara ini, tamah hewan akan merilis seekor Singa putih. "Untuk ke depannya, saat kita buka, kita sudah ada satwa baru seperti Singa putih. Nanti mungkin kita launching di bulan April," terangnya. 

Baca Juga: Lokasi Wisata dan Sekolah di Langkat Ditutup Sampai 3 April

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya