Aksi Heroik Kepling di Padang Bulan Gagalkan Pencurian Motor

Ramon sempat ditabrak pelaku saat menghadang aksi curanmor

Medan, IDN Times - Ramon Tarigan selaku Kepala Lingkungan 2 Padang Bulan, baru-baru ini berhasil menggagalkan 2 orang pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang beraksi di salah satu toko salon di Jalan Jamin Ginting. Peristiwa curanmor itu terjadi pada Senin (1/7/2024) sekitar pukul 18.41 WIB, setelah pada akhirnya digagalkan oleh tindak berani sang Kepling menghadang mereka.

Aksi curanmor itu telah viral di media sosial karena sempat terekam CCTV. Di mana pelaku menggasak sepeda motor yang terparkir di depan salah satu salon. 

1. Sebelum aksinya digagalkan Kepling, pelaku curanmor sempat ancam ibu-ibu di sekitar TKP

Aksi Heroik Kepling di Padang Bulan Gagalkan Pencurian MotorPelaku curanmor sempat terekam cctv di depan salon (dok.istimewa)

Saat ditemui IDN Times di TKP, Ramon menceritakan kronologis terjadinya aksi curanmor di Jalan Jamin Ginting. Pada saat itu kebetulan dirinya sedang melintas di depan salon hendak pergi ke SPBU.

"Saat itu saya mau isi minyak ke SPBU, jadi kebetulan sebelum dekat salon, saya lihat ada laki-laki seperti gelisah melihat ke arah salon. Terus ada 2 orang ibu-ibu yang melihat-lihat salon itu juga," kata Ramon, Kamis (4/7/2024).

Dirinya seketika melihat ada seorang pria yang menurunkan sepeda motor dan tampak buru-buru. Berdasarkan keterangan Ramon, pria itu juga tampak seperti orang gelisah.

"Saya lantas curiga. Ibu-ibu di dekat lokasi saya dengar juga berbisik-bisik seakan mengindikasikan kalau itu maling. Tapi ibu-ibu itu tidak berani berteriak karena sudah diancam sama pelaku," tutur Ramon.

2. Kepling Ramon cegat pelaku curanmor, dirinya sempat ditabrak dan terjatuh

Aksi Heroik Kepling di Padang Bulan Gagalkan Pencurian MotorTKP curanmor di Jalan Jamin Ginting (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Ramon menceritakan, saat pelaku berhasil mencuri sepeda motor dari salon, dirinya berpapasan dengan pelaku dan langsung menghadangnya. Ia memegang sepeda motor yang berusaha dicuri pelaku sembari menyuruh pelaku berhenti.

"Saya peganglah sepeda motornya itu, sekalian saya mau cagakkan sepeda motor saya. Tapi tiba-tiba didorongnyalah sepeda motor itu ditabrakkan ke saya, jadi saya ikut tercampak," bebernya.

Saat dirinya terjatuh dan dalam posisi terjepit, Ramon sontak berteriak. Saat itu pula orang-orang yang berada di sekitar turut keluar.

"Sepeda motornya tidak berhasil dicuri. Tapi pelakunya sempat kabur sama kawannya yang sudah menunggu di sekitar TKP," kata Ramon.

3. Aksi heroik Ramon tuai puja-puji dari netizen

Aksi Heroik Kepling di Padang Bulan Gagalkan Pencurian MotorRamon tuai puja-puji dari netizen soal aksi heroiknya yang viral (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Aksi heroik Ramon yang viral di media sosial pun menuai pujian dari para netizen. Pujian yang dilontarkan kepadanya juga sangat beragam, salah satunya ramai yang menyerukan dirinya tambah gaji.

Menanggapi video viral itu, Ramon menyebut jika sudah menjadi kewajibannya pula untuk menolong warganya. Apalagi di sepanjang jalan Jamin Ginting disebutnya rawan aksi kejahatan.

"Di sini sering lah yang seperti itu (aksi kejahatan). Entah jambret lah, geng motor lah, daerah sini memang sering," akunya.

Ramon menyebutkan meskipun sepeda motornya ditabrak pelaku dan dirinya yang juga sempat terjatuh, namun tidak ada luka dan kerusakan yang serius.

"Sepeda motor saya gak banyak yang rusak, karena dari samping ditabrak. Dia mau ke arah USU, saya arah yang berlawanan," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah Wartawan Karo, KKJ Sumut Ungkap Sejumlah Kejanggalan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya