Upaya Tarik Pemilih Pemula, KPU Binjai Gelar Roadshow ke Sekolah

Sekolah, Kampung KB dan remaja masjid jadi sasaran

Binjai, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai melalui Komisioner Divisi Parmas dan SDM, Robby Effendi, terus melakukan gebrakan. Usai peluncuran Tahapan Pemilihan Walikota (Pilwako) Binjai 2020 beberapa waktu lalu, KPU Binjai mulai aktif melakukan sosialisasi.

Guna menarik partisipan, roadshow ke sekolah-sekolah dilaksanakan. Kali ini sasarannya adalah Yayasan PABA menjadi sekolah dan basis pemilih pemula keempat yang didatangi KPU, Kamis (28/11).

1. Sekolah, Kampung KB dan remaja masjid serta komunitas menjadi sasaran

Upaya Tarik Pemilih Pemula, KPU Binjai Gelar Roadshow ke SekolahPara siswa mendengar sosialisasi KPU Binjai (IDN Times/Handoko)

Kata Robby, basis pemilih pemula dari kalangan pelajar tidak hanya ditemui untuk sosialisasi di lokasi sekolah, melainkan ke kelompok remaja masjid dan kampung KB. Selain itu, ada komunitas-komunitas yang selama ini sudah dimaping sebagai potensi untuk target capaian partisipasi pemilu. 

"Selain ke sekolah-sekolah, KPU juga beri perhatian kepada pemuda-pemuda yang aktif di Pramuka, Jaka Dara, SMA, bahkan besok kami akan datangi murid-murid SD untuk fondasi sejak dini memberi pemahaman awal tentang pemilu," ujarnya.

"Kami Go to School ada program 12 ke dalam (ke kantor KPU) dan yang kami ke sekolah 12 lokasi. Yang sudah PABA, Yayasan An-nas, Remaja Masjid dan Remaja Kampung KB, selanjutnya berurutan SMA Negeri 1 Binjai, sampai SMA Negeri 7," kata Robby, di ruang kerjanya. 

Baca Juga: KPU Binjai Gelar Evaluasi, Partisipasi Masyarakat Naik 65 Persen

2. Pelajar terlihat proaktif dan antusias

Upaya Tarik Pemilih Pemula, KPU Binjai Gelar Roadshow ke SekolahPara siswa mendengar sosialisasi KPU Binjai (IDN Times/Handoko)

Robby Effendi mengatakan kehadirannya ke Yayasan PABA disambut dengan antusias para pelajar yang proaktif menanyakan tahapan, hak, dan syarat menjadi peserta Pilwako Binjai 2020. Selain itu, Robby juga menyampaikan peranan penting akan pengetahuan politik bagi pemilih pemula. 

"Selain partisipasi juga pentingnya penanaman pemahaman tentang pemilu kepada mereka. Apalagi tahun ini KPU berharap partisipasi yang mencapai target sebelumnya bisa lebih baik," kata Robby.

3. Menargetkan 80 persen tingkat partisipasi

Upaya Tarik Pemilih Pemula, KPU Binjai Gelar Roadshow ke SekolahKPU Binjai menggelar sosialisasi ke sekolah (IDN Times/Handoko)

Ketua KPU, Zulfan Effendi sebelumnya menyampaikan, menjelang Pilwako Binjai 2020, Divisi SDM dan Parmas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai telah menggelar evaluasi dan proyeksi. Kedepan KPU Binjai menargetkan 80 persen tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Wali Kota Binjai 2020. 

"Target ke depan 80 persen pemilih pada Pilwako Binjai 2020. Hal ini berkaca dari Pemilu 2019. Kita cukup rasional di Binjai dapat memenuhi target partisipasi pemilih di atas 80 persen," katanya. 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai menjadi barometer peringkat pertama kategori Transparansi Informasi Pemilu se-Sumut. KPU Binjai meraih penghargaan ini yang diumumkan oleh KPU Sumut. 

Tahun 2019 ini, KPU Binjai juga meraih peringkat ketiga Kategori Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu se-Sumut. Sebelumnya, KPU Binjai juga mendapat penghargaan peringkat ketiga berprestasi tingkat Sumut kategori Elemen DPK Terlengkap pemilu 2019. 

Aganda lainnya yang sedang berjalan adalah persiapan seleksi PPK. Aganda ini dimulai 15 Januari 2020 sampi 14 Februari 2020 sesuai PKPU 16 Tahun 2019. 

Baca Juga: Si Gota, Maskot KPU Siantar yang Diciptakan Hanya dalam 3 Hari

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya