Si Gota, Maskot KPU Siantar yang Diciptakan Hanya dalam 3 Hari

Ada Gorga di atas kotak suara

Pematangsiantar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar resmi meluncurkan maskot untuk Pilkada tahun 2020. Dari puluhan design yang diusulkan masyarakat, Si Gota terpilih menjadi juara.

Si Gota merupakan bentuk kotak suara yang di bagian atas dikelilingi ukiran gorga Simalungun. Gota singkatan dari Gorga di atas Kotak Suara, tercipta dari tangan warga Siantar bernama Octa Rizaldi.

1. Hanya butuh 3 hari untuk ciptakan 'Si Gota'

Si Gota, Maskot KPU Siantar yang Diciptakan Hanya dalam 3 HariMaskot KPU Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Octa Rizaldi yang ditemui, Sabtu (23/11), di sela-sela peluncuran maskot dan Pilkada 2020 mengatakan, ia terinspirasi dari bentuk kotak suara yang terbuat dari kardus.

"Kotak suara dulunya berbahan alumunium. Kebetulan yang sekarang berwarna putih, berbahan kardus," kata Octa.

Maskot Si Gota, kata Octa dirinya hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk membuatnya. Design itu datang dari idenya sendiri.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan NasDem soal Kecurangan, Ini Tanggapan KPU Siantar

2. Gorga Simalungun di atas kotak suara melambangkan kedamaian dan keindahan

Si Gota, Maskot KPU Siantar yang Diciptakan Hanya dalam 3 HariMaskot KPU Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Octa menjelaskan, Gorga Simalungun yang berada di atas kotak suara itu merupakan lambang kedamaian dan keindahan. Di adat Simalungun, gorga itu bernama Pinar Appul-appul, yang artinya kupu-kupu.

"Untuk di Siantar kita lihat sendiri banyak gorga-gorga. Kebetulan jenis gorga yang kita pilih ini Pinar Appul-appul yang artinya kupu-kupu. Melambangkan kedamaian dan keindahan,"jelasnya.

Penambahan gorga itu, kata Octa, sesuai dengan identiras kearifan lokal Kota Sianta. Dimana di setiap gedung pemerintahan disematman goresan gorga.

3. Octa mendapat hadiah Rp12 juta dari KPU Siantar

Si Gota, Maskot KPU Siantar yang Diciptakan Hanya dalam 3 HariPeluncuran maskot KPU Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Keberhasilan membuat Si Gota, Octa mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp12 juta. Sedangkan untuk juara 2 mendapat hadiah Rp5 juta dan juara 3 sebesar Rp3 juta.

Hadiah tersebut diberikan saat peluncuran maskot yang disampaikan langsung komisioner KPU Ilham Syahputra secara simbolis.

Baca Juga: 2 Pekan Jelang Tahapan Pilkada, Dana untuk KPU Simalungun Belum Cair

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya