KPU Binjai Gelar Evaluasi, Partisipasi Masyarakat Naik 65 Persen

Ditargetkan naik lagi 10 persen

Binjai, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Binjai melaksanakan evaluasi kegiatan partisipasi masyarakat pemilu 2019 di Kebun Pondok Punokawan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Selasa (8/10). 

Evaluasi yang dilaksanakan KPUD Binjai dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020 mendatang. 

Evaluasi kegiatan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 dan persiapan kegiatan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2020 dihadiri seluruh Komisioner KPU Kota Binjai, Sekretaris KPU Kota Binjai, dan lebih dari 60 peserta dari Relawan Demokrasi (Relasi) dan wartawan. 

1. Partisipasi masyarakat melonjak 65 persen

KPU Binjai Gelar Evaluasi, Partisipasi Masyarakat Naik 65 PersenIDN Times/Handoko

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi mengatakan, partisipasi masyarakat Binjai melonjak dari Pemilu sebelumnya (Pilkada 2015) sebanyak 65 persen menjadi 82,14 persen. Padahal target awalnya hanya 77,5 persen. "Pilkada 2020 estimasi pemilih kami targetkan meningkat 10 persen," sebut Zulfan. 

Karena itu, lanjut Zulfan, KPUD Binjai mengajak relawan demokrasi dan rekan-rekan pers dapat memberikan ide dan masukan, serta turut mengajak masyarakat memberikan hak suara. 

Baca Juga: KPU Binjai Sosialisasikan Syarat Jadi Wali Kota Jalur Independen

2. Sebagian pemilih berusia produktif

KPU Binjai Gelar Evaluasi, Partisipasi Masyarakat Naik 65 PersenIDN Times/Handoko

Dari seluruh pemilih, sebut Zulfan, sebagian besar berusia produktif yakni antara 17 hingga 40 tahun, dengan estimasi pemilih berumur 17 - 20 tahun sebanyak 30 persen dan pemilih berumur 21-40 tahun sebanyak 40 hingga 50 persen. 

"Untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat hingga 10 persen pada Pilkada 2020, kaki dari KPUD binjai sangat berharap kerja sama yang baik dari wartawan dan relawan demokrasi," harap Zulfan. 

3. Launching Pilkada Binjai 2020 direncanakan 11 November 2019

KPU Binjai Gelar Evaluasi, Partisipasi Masyarakat Naik 65 PersenIDN Times/Handoko

Robby Effendi selaku pemateri dalam kegiatan bersyukur karena KPU Binjai menjadi barometer bagi KPU lainnya di Sumut, terutama dalam hal sosialisasi dan upaya peningkatan partisipasi masyarakat di Pemilu 2019.

"Meskipun demikian tingkat partisipasi yang tinggi belum dapat menentukan keberhasilan proses demokrasi jika ada unsur mobilisasi massa," katanya. 

Robby mengatakan, KPU menjadwalkan launching Pilkada Binjai 2020 dilangsungkan pada 11 November 2019, namun tetap ditentukan kesiapsediaan Muspida Binjai.

Baca Juga: KPU Binjai Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih, Ini Daftar Lengkapnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya