Langka di Pasar, Mendag Sebut Sumut Harusnya Surplus Minyak Goreng

Stoknya ada 33 juta liter minyak goreng

Medan, IDN Times- Kelangkaan minyak goreng yang terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Termasuk Sumut. Padahal Sumut sendiri punya stok minyak goreng yang melimpah.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi saat berkunjung ke Medan. Bahkan dari catatan Kemendag selama 14-24 Februari tersedia 33 juta liter minyak goreng.

"Sumut ada 33 juta liter selama 14-24 Februari 2022 di Sumut. Pembagiannya sudah jelas di mana-mana saja dan ini menunjukkan bahwa tidak ada alasan minyak goreng bahwa minyak goreng jarang di Sumut," kata Lutfi usai rapat koordinasi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (26/2).

1. Mendag sebut ada permasalahan distribusi

Langka di Pasar, Mendag Sebut Sumut Harusnya Surplus Minyak GorengMenteri Perdagangan M Lutfi bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Sabtu (26/2/2022) (Dok.Istimewa)

Namun Lutfi tak memungkiri jika memang kenyataannya di lapangan sering ditemui kelangkaan minyak goreng. Pagi tadi Lutfi sempat mengecek ketersediaanya di Pusat Pasar Medan. 

"Jadi kita bisa melihat di sini bahwa sebenarnya minyak ini masih jarang, meski pun ada. Ada tren bahwa minyak ini sudah mulai penuh dalam dua tiga hari kemaren. Padahal semestinya dari Minggu lalu. Jadi Pak Gubernur ini mungkin ada permasalahan di distribusi," ujar Lutfi yang meninjau Pusat Pasar bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. 

Menurutnya perlu pengawasan soal distribusi ini agar penyalurannya sampai ke masyarakat. 

"Kita akan kedepankan mekanisme pasar yang baik dan mudah-mudahan keadaan menjadi normal di Sumatera Utara. Saya jamin tangki-tangki di Sumatera Utara ini penuh semuanya. Mungkin dalam kesempatan pertama setelah habis libur Senin ini," tambahnya.

Baca Juga: KPPU Tetap Usut Temuan Minyak Goreng 1,1 Juta Kilogram di PT SIMP

2. Mendag sebut cadangan minyak di Sumut surplus sejak 15 hari lalu

Langka di Pasar, Mendag Sebut Sumut Harusnya Surplus Minyak GorengMuhammad Lutfi (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Lutfi juga menggelar rapat koordinasi dengan para kepala dinas perdagangan se-Sumatera Utara. Ia ingin memastikan stok minyak ada. 

Menurut Lutfi cadangan minyak di Sumatera Utara sudah surplus sejak 15 hari lalu. Namun, masyarakat masih kesulitan mendapatkan minyak goreng.

"Artinya barang banyak sekali dan lebih banyak dari seluruh wilayah Indonesia. Tapi belum turun ke bawah," ujarnya.

"Saya minta tolong Pak Gubernur untuk memastikan, distribusi ini baik, distribusi ini jelas, agar harganya sesuai dengan ketentuan pemerintah, karena barangnya banyak dan kalau sampai ada yang macam-macam pak gubernur saya minta tolong untuk segera ditindak secara tegas menurut hukum," sambung Lutfi.

3. Gubernur Sumut optimis pekan depan minyak goreng kembali normal

Langka di Pasar, Mendag Sebut Sumut Harusnya Surplus Minyak GorengMenteri Perdagangan M Lutfi bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Sabtu (26/2/2022) (Dok.Istimewa)

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan sudah berkoordinasi soal pengadaan minyak goreng di Sumut. Edy akan mengumpulkan para kepala daerah untuk mengawal distribusi.

"Tadi kita sudah koordinasi ketat. Kita mencari di mana celah-celah yang harus kita lakukan. Sebenarnya barang ini ada, tetapi nanti kita cari. Habis ini saya akan rapat teknis kepada kepala-kepala dinas kabupaten/kota dan pelaku-pelaku pasar," ucapnya.

Dia yakin pekan depan distribusi dan ketersediaan minyak goreng mulai kembali normal. "Nanti kita akan koordinasi, yakinkan di hari Senin seperti petunjuk beliau dan rakyat akan kembali normal seperti biasanya," pungkasnya.

Baca Juga: Dugaan Penimbunan Minyak Goreng, Gubernur Edy: Jangan Buat Gaduh!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya