Cegah Mewabahnya Virus Corona ke Langkat, Pekerja Tiongkok Diperiksa

Dinkes akan observasi pekerja asing selama 14 hari

Langkat, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Langkat, merespon cepat atas mewabahnya virus Corona, yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Bersama dengan instansi terkait, mereka melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok.

Puluhan pekerja yang banyak bekerjakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Sinohydro PLTU Sumatera Utara II, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, tak luput dari pengecekan dan pemeriksaan kesehatan, Selasa (28/1).

1. Bentuk respon antisipasi dan penanganan virus corona

Cegah Mewabahnya Virus Corona ke Langkat, Pekerja Tiongkok DiperiksaIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. (IDN Times/Arief Rahmat)

Tim kesehatan Pemkab Langkat, Sekretaris Dinas Kesahatan Kabupaten Langkat, Muhammad Ansyari mengatakan, wujud respon dalam antisipasi dan penanganan penyakit infeksi Emerging (Pie) ncov (novel coronavius) di Pangkalan Susu.

Menurut dia, sedikitnya ada 95 orang tenaga kerja asing asal China yang bekerja di PT. Shinohydro PLTU Pangkalan Susu. Untuk itu, tim melakukan pemeriksaan dan cek kesehatan serta melakukan survei terhadap 13 orang pekerja asing.

"Kami melakukan cek kesehatan ini sebagai antisipasi dan penanganan terhadap pekerja asing, dengan alasan pekerja tersebut masuk ke PLTU pada rentang tanggal 7 hingga 22 Januari 2020. Pemeriksaan kesehatan menggunakan form penyelidikan epidemiology suspek novel coronavius (2019-ncov)," ungkap Muhammad Ansyari.

Baca Juga: Timsus Cegah Virus Corona Dibentuk, Pantau Pendatang dari Tiongkok

2. Dinkes akan observasi pekerja asing selama 14 hari

Cegah Mewabahnya Virus Corona ke Langkat, Pekerja Tiongkok DiperiksaIlustrasi virus Corona. IDN Times/Mia Amalia

Dari 13 pekerja asing itu hasil sementara, jelas dia, keadaan kesehatan mereka baik dan vital sign stabil. Kendati demikian, tahap lanjut masih diperlukan dengan observasi selama 14 hari ke depan yaitu pada tanggal 6 Februari mendatang.

"Pekerja memiliki riwayat perjalanan dari China ke Indonesia atau Langkat pada tanggal 22 Januari 2020. Sementara hasilnya baik dan sehat, nanti akan ada tahap lanjut observasi," jelasnya.

Terpisah, Manager Operasional PT Shinohydro, Mr Luu Chien mengatakan, dari hasil pemeriksaan dan cek kesehatan ini semua negatif corona. Artinya tidak ditemukan adanya pekerja yang terjangkit virus yang telah menyebabkan kematian dan menular.

3. Camat sampaikan kekhawatiran warga terjangkit virus corona

Cegah Mewabahnya Virus Corona ke Langkat, Pekerja Tiongkok Diperiksa(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Camat Pangkalan Susu, Fahrizal Azmi bersyukur tidak ada virus corona yang berbahaya dan menular. Diakuinya ada kekhawatiran masyarakat akan penyebaran virus ini.

"Alhamdulillah hasilnya negatif corona, dan kita mengapresiasi kinerja Dinas Kesehatan yang tanggap dan cepat dalam merespon isu kesehatan ini," ujarnya.

Adapun tim yang turun ikut serta Kepala Puskesmas Beras Basah dan Kepala Puskesmas P.Susu, Pcs 119 Kabupaten Langkat, KKP P.Susu, Kepala Desa Tanjung Pasir serta team dokter dan para medis Dinkes Langkat.

Baca Juga: Cegah Corona, Imigrasi Belawan Diminta Perketat Jalur Masuknya WNA

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya