Cegah Corona, Imigrasi Belawan Diminta Perketat Jalur Masuknya WNA

DPRD Medan minta pengawasan tenaga kerja asing diperketat

Medan, IDN Times - Ketua Komisi I DPRD Kota Medan beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi kelas II TPI Belawan. Senin (27/1). Kunjungan kerja ini dilakukan untuk melihat kegiatan operasional dan mencegah virus corona dari WNA.

Ketua Komisi I DPRD Medan Rudianto Simangungsong meminta agar pihak Imigrasi semakin memperketat dan mengawasi Warga Negara Asing (WNA) yang masuk.

"Belawan salah satu pintu keluar masuknya WNA, karena diketahui banyak juga pekerja asing yang masuk melalui pelabuhan Belawan, maka diharapkan imigrasi Belawan lebih mengoptimalkan pengawasan agar virus corona tidak menyebar", ujar Rudianto.

1. DPRD Medan minta pengawasan diperketat

Cegah Corona, Imigrasi Belawan Diminta Perketat Jalur Masuknya WNAIlustrasi virus Corona. IDN Times/Mia Amalia

Senada juga dikatakan anggota Komisi I, Parlindungan Sipahutar yang menyebutkan bahwa virus corona menjadi momok menakutkan karena penyebaran virus tersebut begitu cepat.

"Berharap agar imigrasi lebih sigap dan meningkatkan pengawasan terhadap WNA untuk pencegahan penyebaran virus corona," katanya.

Baca Juga: Corona Belum Terdeteksi Di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi: Jangan Stres

2. Pantau keberadaan pekerja asing

Cegah Corona, Imigrasi Belawan Diminta Perketat Jalur Masuknya WNAIlustrasi virus Corona. IDN Times/Mia Amalia

Sementara anggota Komisi I lainnya, Abdul Rani meminta agar pihak Imigrasi Belawan mengawasi pekerja asing di perusahaan yang ada di Medan Utara.

Seperti diketahui, kata Rani, di Medan Utara ada ratusan perusahaan yang berdiri. Diharapkan, agar pihak Imigrasi Belawan terus memantau keberadaan pekerja asing. Selain bekerja, WNA tersebut banyak berdomisili tetap dan berkeluarga.

"Banyak informasi yang kami dapat, mereka bertempat tinggal di komplek-komplek perumahan yang jauh dari pengawasan imigrasi," ujar Rani.

3. Imigrasi telah memperketat pintu kedatangan WNA

Cegah Corona, Imigrasi Belawan Diminta Perketat Jalur Masuknya WNASchengen Visa

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan Berti Mustika mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas saran dan masukan yang diberikan Komisi I DPRD Medan.

"Kami sangat mengharapkan dukungan penuh dari semua pihak terutama DPRD Medan. Dalam mencegah menyebarnya wabah virus corona, kami telah memperketat pintu masuk kedatangan terutama bagi WNA", ujar Berti.

Dikatakan Berti, masuknya pekerja asing ke Belawan melalui kapal tanker dan cargo. Namun untuk mengawasi secara keseluruhan, dirinya mengaku bahwa pihaknya minim petugas. "Terutama mengawasi WNA yang tinggal di wilayah kami," sebutnya.

Baca Juga: Bandara Sultan Iskandar Muda Tak Mau Kecolongan Virus Corona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya