Comscore Tracker

Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa Nasional

Berbakat dalam bidang seni rupa

Binjai, IDN Times - Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sumatera Utara 2019 siap diselenggarakan di Kota Brastagi, Kabupaten Karo, mulai 26 hingga 28 Agustus mendatang. Pada even tersebut, Kota Binjai sendiri akan mengirimkan lima pelajar terbaik tingkat sekolah dasar (SD) untuk bersaing di lima cabang seni.

Salah satu yang beruntung mengikuti lomba tersebut ialah Afiza Hisqia Lubis, murid kelas 5 SD di Yayasan Pendidikan Great Prime School Kota Binjai.

Putri sulung dari dua bersaudara pasangan suami-istri, Amri Lubis dan Nurlela Saragih itu, siap bersaing dengan puluhan peserta perwakilan kabupaten/kota lainnya pada cabang seni menggambar bercerita.

1. Juara pertama FLS2N tingkat Kota Binjai

Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa Nasionalfacebook/Nurlela Saragih

Sebelum tampil di ajang FLS2N tingkat Sumatera Utara 2019, Qia sapaan akrab bocah perempuan penggemar nasi goreng itu, meraih juara pertama di ajang FLS2N tingkat Kota Binjai 2019, yang digelar di SMP Negeri 11 Kota Binjai.

Pada even yang diikuti 10 kontestan perwakilan dari lima kecamatan se-Kota Binjai, Qia tampil sebagai peserta terbaik lewat karya seni menggambar bercerita berjudul "Kebudayaan".

"Untuk lomba nanti, Qia nggak punya target apa-apa. Tapi tetap diusahain supaya dapat juara pertama," ungkapnya, saat ditemui wartawan di sekolahnya, Selasa (20/08/2019) pagi.

 

2. Bakat seni Qia terlihat sejak TK

Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa NasionalFacebook/Nurlela Saragih

Menurut Nurlela Saragih, sang ibu, bakat seni putri sulungnya itu sudah terlihat sejak sang anak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK).

Menyadari hal tersebut, ibu rumahtangga warga Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara itu pun kerap memgikutsertakan Qia pada sejumlah even lomba menggambar.

"Sebagai orang tua, yang pasti saya senang dan bangga dengan prestasi Qia. Apalagi dia bisa tampil mewakili Kota Binjai. Ya, mudah-mudahan di sana dia bisa juara pertama," ujar Nurlela.

3. FLS2N tingkat Sumut perlombakan lima cabang seni

Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa NasionalFacebook/Nurlela Saragih

Kepala SD Yayasan Pendidikan Great Prime School Kota Binjai, Angela YL Tobing, di hadapan Ketua Yayasan Panca Mitra Karya, Sukiwi Tjong, dan Pengurus Yayasan, Aminullah, mengaku, FLS2N tingkat Sumatera Utara 2019 memperlombakan lima cabang seni.

Kelima cabang seni trsebut antara lain, menyanyi atau seni suara, pantomim atau seni peran, tarian daerah atau seni tari, menganyam atau seni rupa dan menggambar bercerita atau seni lukis.

"FLS2N sendiri merupakan even seni siswa tahunan yang digelar mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional," terang Angela.

4. Berikan latihan khusus

Afiza Hisqia Lubis, Wakil Binjai di Festival Lomba Seni Siswa NasionalIDN Times/Handoko

Lebih jauh Angela mengaku, pihaknya memang memberikan latihan khusus bagi Qia, sebagai peraiapan menjelang keikutsertaannya pada even FLS2N tingkat Sumatera Utara 2019.

Namun apapun hasilnya nanti, Anggela berharap Qia mendapat prestasi terbaik. Besar harapannya, bocah perempuan berumur 10 tahun yang bercita-cita menjadi dokter itu mampu meraih juara pertama, demi lolos menuju even FLS2N tingkat nasional.

"Yang jelas, menang atau tidaknya Qia di even itu nanti, kami sudah berjanji untuk mengajaknya jalan-jalan sambil refreshing ke sejumlah objek wisata di Kota Brastagi," seru Angela.

"Secara khusus kita pun turut berharap, tim juri amanah dalam menjalankan tugasnya dan fair terkait penilaian bagi seluruh peserta," imbuhnya.

Baca Juga: Binjai Bikin Lomba Rakit Hias pada 17 Agustus, Total Hadiah Rp25 Juta

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya