Terkam Lembu, Harimau Sumatra Tak Roboh Meski Ditembak Bius Empat Kali

BBKSDA coba kembalikan harimau ke dalam hutan

Langkat, IDN Times - Konflik Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) dengan manusia seolah tak ada habisnya. Kali ini si belang dikabarkan memangsa hewan ternak lembu di Dusun Sei Sirah, Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Benar bang, posisi Harimau Sumatra diketahui berada di sekitar lokasi. Sempat memangsa seekor lembu milik warga di sana," kata Plt Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah VI Besitang Slamet Indarjo, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Selasa (30/8/2022).

1. Petugas gabungan halau Harimau Sumatra, masuk perkampungan

Terkam Lembu, Harimau Sumatra Tak Roboh Meski Ditembak Bius Empat KaliTim dari BBTNGL bersama para mitra melakukan patroli pasca serangan harimau terhadap sapi milik warga di Desa Batu Jongjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (2/2/2022). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kemunculan harimau sendiri diketahui pada Senin (29/8/2022) siang kemarin. Sejauh ini, tim dari BKSDA, BBTNGL, Polsek, Kodim, Korem, mitra dan masyarakat, sudah memasang kandang jebak. Selain itu, tim juga berusaha melakukan penghalauan dan mengusir agar harimau kembali masuk ke dalam kawasan hutan.

"Tadi malam BKSDA dan tim lainnya, sudah memasang kandang jebak. Bahkan saya dan bersama tim sejauh ini masih bersiaga di Kecamatan Besitang, untuk mengantisipasi konflik berkepanjangan. Mereka menghalau agar Harimau, tidak masuk perkampungan," papar Slamet.

Baca Juga: 2 Harimau Sumatra Terpantau Masuk Perkebunan di Langkat

2. Petugas gabungan pasang perangkap dan tembak Harimau Sumatra

Terkam Lembu, Harimau Sumatra Tak Roboh Meski Ditembak Bius Empat KaliAnak harimau sumatera yang ditemukan terjerat kawat di Aceh Tenggara. (Foto: Antara)

Dia mengabarkan Harimau Sumatra sempat ditembak bius agar dapat dikonservasi kembali ke dalam hutan. Meski demikian, untuk memastikan kebenarannya dirinya meminta untuk mengontak pihak BKSDA.

"Masih dimonitor dan sedangkan itu dokter hewan juga sudah di lokasi. Tapi info terakhir barusan sudah ditembak bius. Kontak pak Herbert yang lebih kompeten," saran Slamet.

Kemunculan Harimau Sumatera, ini diduga karena lapar sehingga sampai memangsa satu ekor lembu milik warga. "Setelah memakan daging lembu, Harimau Sumatera kenyang terus tidur," tegas Slamet Indarjo.

3. Harimau Sumatra tidak roboh meski ditembak dengan bius sebanyak 4 kali

Terkam Lembu, Harimau Sumatra Tak Roboh Meski Ditembak Bius Empat KaliWarga dan petugas yang menghalau harimau sumatra untuk kembali masuk perkebunan (IDN Times/ istimewa)

Kepala Seksi Wilayah II BBKSDA  Sumut Helbert Aritonang, tim dari petugas BKSDA sempat bertemu dengan Harimau Sumatera dan melakukan penembakan dengan tembak bius dengan harapan dapat menumbangkan Harimau Sumatra.

Sebanyak 4 tembakan bius berhasil mengenai dan tidak membuatnya roboh (tumbang). Padahal, tim berharap Harimau Sumatra, roboh sehingga dapat dikembalikan ke dalam hutan. "Kuat kali tubuh Harimau Sumatra, meski 4 kali ditembak dan kena, tapi tidak tumbang," kata Helbert.

Untuk langkah selanjutnya, malam ini pihaknya akan memasang perangkap jebakan di sekitar lokasi untuk menangkap Harimau Sumatra. "Jika malam ini Harimau Sumatra itu tidak tertangkap dalam jebakan besok akan kita tembak bius lagi dengan jenis bius lain," tegas Helbert.

Baca Juga: Ibu yang Viral karena Jewer Anak Tetangga di Medan Ditangkap Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya