Sitepu Hujamkan Parang 6 Kali hingga Elvis Tewas Gegara Pohon

Rekonstruksi pembunuhan Elvis Fresli

Binjai, IDN Times - Andreas Sitepu (32) dengan sadis menghujamkan parangnya ke arah leher Elvis Fresli Surbakti (37). Tak hanya sekali, tapi hingga enam kali. Elvis kemudian tewas bersimbah darah. 

Hal ini dapat dilihat dari rekontruksi yang digelar di halaman Polres Binjai dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Langkat.

"Ya, hari ini menggelar rekontruksi dibantu Kejari Langkat," kata Kasat Reskrim AKP Zuhatta Mahadi, Kamis (12/10/2023).

1. Ada 12 adegan diperagakan pelaku dalam rekontruksi yang digelar polisi

Sitepu Hujamkan Parang 6 Kali hingga Elvis Tewas Gegara PohonPolisi yang menggelar rekontruksi kasus pembunuhan gegara pohon (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam rekontruksi yang dilakukan, jelas dia, ada sekitar 12 adegan yang diperagakan. Mulai dari cekcok mulut antara korban dengan pelaku gegara permasahan penebangan pohon sengon.

Hingga proses pembacokan yang terjadi di lahan perladangan di Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Jumat tanggal 15 September 2023 sekitar pukul 12.00 siang kemarin.

"Korban membacok pelaku mengarah ke leher sebanyak 6 kali," jelas dia.

Baca Juga: Diduga Cabuli 10 Siswi, Guru Honorer di Langkat Diciduk Polisi

2. Pelaku disangkakan melanggar pasal pembunuhan 338 KUHPidana

Sitepu Hujamkan Parang 6 Kali hingga Elvis Tewas Gegara PohonPolisi yang menggelar rekontruksi kasus pembunuhan gegara pohon (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Akibat pembacokan yang dilakukan, jelas dia, korban diduga meninggal dunia di tempat meski sempat dilarikan ke rumah sakit. Sementara, usai pembacokan pelaku ditangkap untuk menjalani proses hukum pebih lanjut.

"Kita langsung meluncur ke lokasi guna mengamankan pelaku. Jenazah langsung kita evakuasi guna dilakukan autopsi," terang dia.

Dalam peristiwa ini, ditegaskan Kasat, jika pelaku terancam pasal pembunuhan 338 KUHPidana, dengan tuntutan ancaman kurungan penjara sekitar 15 tahun. "Rekontruksi dilakukan untuk melengkapi berkas," beber Kasat.

3. Pelaku diteriaki pembunuh oleh keluarga korban yang menyaksikan rekontruksi

Sitepu Hujamkan Parang 6 Kali hingga Elvis Tewas Gegara PohonKeluarga yang hadir terlihat menangis saat menyaksikan rekontruksi (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Aksi pembunuhan sendiri diketahui gegara permasalahan lahan. Korban dan pelaku sama-sama mengklaim milik mereka. Korban awalnya mendatangi pelaku yang sedang menebang pohon sengon. Di sini terjadi cekcok dan akhirnya pelaku membacok korban hingga meninggal dunia.

Selain pihak kepolisian dan kejaksaan, rekontruksi yang dilakukan juga dihadiri oleh keluarga korban. Salah satu keluarga terlihat menangis melihat setiap adegan yang diperagakan. Bahkan, keluarga korban sempat berteriak pembunuh kepada pelaku saat diiring ke sel tahan Polres Binjai.

"Pembunuh," teriak keluarga korban saat tersangka dibawa oleh pihak kepolisian.

Mereka juga berharap, agar pelaku dapat dihukum seberat-beratnya karena telah menghilangkan nyawa korban.

"Hukum dia seberat-beratnya. Sudah dibunuhnya keluarga kami," teriak salah satu perempuan dan coba ditenangkan keluarga lain yang hadir dalam rekontruksi.

Baca Juga: Diduga karena Cemburu, Suami di Langkat Bakar Istrinya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya